Tujuh Daerah di Sultra Teken Kerjasama dengan BPJS Kesehatan

BAUBAU, Rubriksultra.com- Tujuh daerah di wilayah Sultra Kepulauan sepakat menandatangani perjanjian kerjasama Universal Health Coverage (UHC) dibawah naungan kantor cabang BPJS Kota Baubau. Tujuh daerah itu diantaranya, Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Utara, Muna, Muna Barat dan Wakatobi.

UHC atau Perjanjian Kesehatan Semesta ini serentak ditandatangani di Aula kantor Wali Kota Baubau, Jum’at 19 Oktober 2018. Penandatanganan disaksikan langsung Direktur Utama BPJS RI, Prof Dr dr Fahmi Idris M.Kes.

- Advertisement -

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin selaku tuan rumah menyampaikan rasa bangganya bisa dipercaya sebagai tempat penandatanganan nota ini. Ia berharap dengan kesepahaman ini, pemberian jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat bisa ditingkatkan.

“Kegiatan ini merupakan bukti dan wujud peran pemerintah daerah dengan mengintegrasikan 95 persen masyarakat menjadi peserta jaminan BPJS. Saya berharap masyarakat Kepton mendapat perlindungan kesehatan secara merata. Mari kita bersama bersinergi meningkatkan kesehatan dengan memastikan sarana dan prasarana kesehatan yang berkualitas,” katanya.

Ia juga merasa bangga karena semua daerah tersebut mengirimkan perwakilan. Tentu saja Ini sebagai wujud kekompakan karena mengelola negara tidak mungkin sendiri, kekompakan diyakini akan menghadirkan kesejahteraan.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Republik Indonesia (RI), Prof Dr dr Fahmi Idris M.Kes sangat mengapresiasi semangat dari tujuh daerah di Sultra tersebut. Pada dasarnya, kata dia, BPJS kesehatan menghadirkan percepatan jaminan kesehatan nasional berdasarkan prinsip gotong-royong yang bersifat wajib.

“BPJS kesehatan merupakan olusi kesehatan karena mencakup banyak hal. Melalui progran ini maka setiap warga negara bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang representatif dengam hanya menunjukkan kartu JKN-KIS,” katanya.

Ia mengurai dengan ditandatanganinya nota tersebut maka memberikan semangat baru bagi BPJS. Tercatat terdapat 276 ribu jiwa tambahan jaminan dari tujuh daerah tersebut.

Baca Juga :  Kendari Diguncang Gempa

“Saya kira ini satu semangat yang perlu kita apresiasi untuk pemda. Ini juga merupakan semangat baru bagi kami karena mendapat suntikan dana untuk bersama menjamin kesehatan masyarakat secara keseluruhan,” tukasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments