Tes SKD CPNS, Soal Panjang Waktu Jawab 51 Detik

145

BAUBAU, Rubriksultra.com – Tidak sedikit peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rekrutmen CPNS 2018 Busel hari pertama yang digelar di Gedung Maedani, Jum’at 2 November 2018, gagal melangkah ke tahap selanjutnya. Rata-rata peserta tidak mencapai standar kelulusan passing grade.

Kondisi ini coba ditelisik awak media. Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab sehingga ambang batas standar kelulusan ini begitu sulit dipenuhi?.

Salah satu peserta tes SKD Busel, Ramadhan mengaku kesulitan dengan panjangnya soal tes yang disajikan. Apalagi, untuk menjawab satu buah soal hanya dibutuhkan waktu sekitar 51 detik.

“Jumlah soalnya tadi ada 100 nomor. Waktu yang diberikan hanya 90 menit,” kenang pria asal Desa Lamanu, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna ditemui dilokasi gedung Maedani, Jum’at 2 November 2018.

Waktu yang terlalu pendek ini membuat suasana berubah menegangkan. Soal yang tidak terlalu rumit pun menjadi begitu sukar dikerjakan.

“Sebenarnya soalnya tidak terlalu rumit. Hanya itu saja, agak panjang apalagi soal bahasa Indonesia karena berupa soal cerita. Ditambah waktu pendek maka hasilnya, ya begitulah,” bebernya.

Ramadhan mengaku dari ketiga bidang yang Ia isi yakni TWK, TIU dan TKP, tak ada satupun yang memenuhi ambang batas. Kendati begitu, hasil ini tetap menjadi pelajaran berharga untuknya.

“Masih ada kesempatan, mudah-mudahan tahun depan dibuka lagi. Umur baru 26 tahun. Masih panjang perjuangan,” yakinnya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), La Ode Firman Hamza saat dimintai tanggapan atas kondisi ini tak mau berspekulasi lebih jauh. Ia enggan mengomentari mengapa peserta begitu kesulitan memenuhi standar kelulusan itu.

Menurutnya, ambang batas passing grade sudah diatur dalam PermenPAN nomor 36 tahun 2018. Peserta tinggal mencapai angka itu untuk melaju ketahap selanjutnya.

Baca Juga :  Monianse Dukung Kader PDIP Baubau Masuk Bursa Pengisian Jabatan Wabup Busel

Meski tak mau berkomentar jauh mengenai soal ataupun waktu yang disediakan, La Ode Firman Hamza terus menghimbau kepada peserta agar terus menyiapkan diri baik mental dan fisik untuk menjalani tes SKD. Sebisanya, dalam waktu lima hari tersisa, peserta bisa menyiapkan diri lebih baik lagi.

Seperti diketahui sejak dimulai tes SKD untuk CPNS Kabupaten Buton Selatan, baru empat orang yang berhasil lolos ke tahap Seleksi Kompotensi Bidang (SKB). Peserta tes disesi kedua pada Jumat kemarin, bahkan tak ada satupun yang berhasil memenuhi passing grade.

Disesi pertama hanya berhasil satu orang dan disesi ketiga juga satu orang. Sedangkan disesi keempat lolos dua orang. Hari ini (3/11), tes SKD CPNS Kabupaten Buton Selatan kembali berlangsung untuk sesi lanjutan. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments