Jumlah Peserta Tes SKB di Busel tak Penuhi Kuota, Gagal Lulus Passing Grade Masih Ada Harapan?

BAUBAU, Rubriksultra.com – Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terhadap seleksi CPNS di Kabupaten Buton Selatan sudah usai. 42 peserta berhasil ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) setelah mencapai nilai passing grade.

Sayangnya jumlah ini dianggap minim dari kouta untuk menggelar tes SKB. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Busel masih akan berkonsultasi lebih lanjut untuk kelanjutan tes SKB di Busel.

- Advertisement -

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Busel, La Ode Firman Hamza semua mekanisme formal yang berkaitan dengan seleksi CAT SKD sudah terpenuhi. Namun hasil SKD ini tak sesuai ekspektasi untuk dilanjutkan ke tahap SKB. Sebab, yang lolos passing grade hanya 42 orang.

Kata Firman, sesuai ketentuan yang diatur dalam Permenpan Nomor 36 dan Nomor 37 Tahun 2018, jumlah maksimal peserta yang dapat direkomendasikan untuk mengikuti tahap selanjutnya atau tahap SKB adalah tiga kali formasi. Tentunya dengan catatan memenuhi passing grade.

Berdasarkan ketentuan itu maka dari 428 formasi seharusnya diikuti sedikitnya 1.284 peserta ke tahap SKB. Dengan hasil 42 peserta yang lolos maka tahap SKB ini masih kekurangan 1.242 peserta.

La Ode Firman Hamza tak menampik saat ini telah berhembus rumor di masyarakat bahwa untuk memenuhi kekurangan tersebut maka akan dilakukan perengkingan sesuai hasil ujian CAT SKD. Menurutnya hal itu sah-sah saja.

Kendati begitu, Ia belum dapat memastikan kebenaran rumor tersebut. Sebab secara resmi, hal ini bukan menjadi keputusan atau kewenangan dari pemerintah daerah melainkan pemerintah pusat.

“Jika ada kebijakan baru dari pemerintah pusat maka sedapat mungkin bisa mengakomodir semua formasi ada. Karena yang menjadi permasalahan utama itu adalah kebutuhan daerah terhadap tenaga ASN,” bebernya.

Baca Juga :  Pemkab Busel Beri Perhatian Khusus Kepada Veteran di Hari Pahlawan

Ditanya mengenai jadwal pelaksanaan SKB ini, Ia juga belum dapat memastikan. Pihaknya masih menunggu kebijakan baru serta jadwal tes lanjutan SKB itu.

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments