Jembatan Buton-Muna Dibangun 2019

BAUBAU, Rubriksultra.com- Akses jembatan penghubung pulau Buton dan Muna akan segera dibangun. Jika tak ada aral melintang, pembangunan jembatan ini akan mulai dibangun 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Baubau, Abdul Rahim kepada awak media di kantor DPRD Kota Baubau, Rabu 14 November 2018. Kata dia, grand pra desain pembangunan mega proyek ini masih sementara dibuat.

- Advertisement -

“Informasi ini berdasarkan hasil rapat di kementerian PUPR beberapa waktu lalu. Ada tiga opsi lokasi yang diusulkan waktu itu, tapi yang disepakati adalah Kolagana-Baruta,” kata Abdul Rahim.

Kolagana, kata dia, masuk wilayah administrasi pemerintah Kota Baubau, sedang Baruta masuk Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Olehnya, koordinasi lintas kabupaten/kota terus diintensifkan.

Untuk mendukung pembangunan ini, Abdul Rahim mengaku rencana pembangunan proyek ini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Baubau. Hal itu perlu, agar pembangunan proyek nasional ini sejalan dengan pembangunan Kota Baubau lima tahun kedepan.

“Kalau masuk RPJMD khan otomatis rencana pembangunan itu menjadi prioritas,” katanya.

Mantan Kadis PUPR Kota Baubau ini juga mengaku lahan pembangunan jembatan penghubung itu sudah disiapkan pemerintah Kota Baubau. Begitu juga dengan segala keperluan lainnya.

Ditanya berapa alokasi anggaran untuk pembangunan jembatan ini, Abdul Rahim mengaku belum mengetahui persis. Sebab anggaran proyek pembangunan jembatan ini berasal dari kementerian PUPR.

“Kalau anggaran itu bukan rana pemerintah daerah, kami hanya diminta menyiapkan lahan dan segala keperluan pendukung lainnya. Anggarannya itu dari pusat. Intinya pembangunan dimulai 2019 ini,” tukasnya. (adm)

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Kemenhut Identifikasi Hutan di Baubau yang Bisa Jadi Milik Warga