Tim Kota Sehat Baubau Semakin Subur

Suasana pembekalan tekhnis Forum Kota Baubau Sehat dan Kelompok Kerja (Pokja) Sehat, beberapa waktu lalu

BAUBAU, Rubriksultra.com- Personil tim Kota Sehat Baubau semakin tahun kian bertambah. Terkini, jumlah personil tim Kota Sehat ini bahkan sudah mencapai 700 orang.

Ketua Forum Kota Sehat Baubau, H. Masri mengatakan personil ditiap kelompok kerja (Pokja) Kelurahan Sehat dan Forum Sehat Baubau pada 2017 lalu masih sangat terbatas. Namun kini jumlahnya mulai meningkat.

- Advertisement -

“Alhamdulillah tahun ini semakin subur. Setiap kelurahan itu paling tidak ada 11 orang petugas yang mengurusi pokja ditambah lebih dari 20 orang ditiap kecamatan dan 50 orang ditingkat kota. Jika ditotalkan secara keseluruhan sudah hampir 700 orang,” kata H. Masri ditemui disalah satu hotel di Baubau, belum lama ini.

Besarnya jumlah tim ini diharapkan memiliki kesepakatan dan mimpi yang sama untuk bekerja demi kemanusiaan. Bukan tidak mungkin apa yang dilakukan dapat bermanfaat bagi warga.

H. Masri mengaku pada 2017 lalu, Kota Baubau berhasil memboyong penghargaan Swasti Saba Padapa. Swasti Saba merupakan penghargaan untuk kota atau kabupaten sehat yang terbagi dalam tiga tingkatan, yakni pemantapan (Padapa), pembinaan (Wiwerda) dan pengembangan (Wistara).

Ia menambahkan Swasti Saba diperoleh melalui pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah dan masyarakat. Kedua elemen ini harus berkolaborasi untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik maupun sosial masyarakat.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau ini berharap besar Kota Baubau dapat meningkatkan kinerja pada tahun mendatang. Tentu dengan harapan bisa memperoleh penghargaan ketingkat lebih tinggi yakni Swasti Saba Wiwerda.

“Ini tekad kita. Mudah-mudahan pada tahun depan kita lebih berhasil lagi,” harapnya. (adm)

 

Peliput: Mimin
Editor: Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Tiga Pasien Covid-19 di Baubau Sembuh