UPTD Dana Bergulir Baubau Beroperasi 2019

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Baubau boleh bergembira. Tinggal menunggu waktu, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dana Bergulir Baubau akan didirikan.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Baubau, Syamsul Bahri mengatakan paling lambat UPTD ini akan didirikan 2019 mendatang. UPTD Dana Bergulir sendiri khusus menangani permasalahan bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM.

- Advertisement -

Sinyal ini menyusul segala dokumen persiapan rencana pendirian UPTD tersebut telah rampung 2018 ini. Mulai dari kajian akademis hingga standard operating procedure (SOP) telah disetujui Gubernur Sultra.

Selain itu, struktur organisasi UPTD dana bergulir ini sudah dibentuk, baik personil maupun lokasi berdirinya UPTD. Begitu pula penyusunan renstra maupun perlengkapan pendukung lainnya.

Semua kelengkapan dokumen ini akan dibawa ke pemerintah pusat untuk dikonsultasikan. Bila disetujui maka paling lambat 2019, UPTD Dana Bergulir akan hadir di Baubau.

“Alhamdulillah, semua persyaratan sudah kita penuhi. Persetujuan ini akan kita lanjutkan ke Kementerian Koperasi dan UMKM untuk ditindaklanjuti kembali,” katanya.

UPTD Dana Bergulir ini merupakan hasil konsultasi pemerintah daerah ke Kementerian Koperasi dan UMKM. Dengan adanya UPTD, pemerintah pusat akan bersedia menggelontorkan bantuan dengan standar pengembalian dibawah suku bunga bank.

Keberadaan UPTD ini diharap mampu menjembatani UMKM untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah pusat. Dengan begitu produktifitas usaha masing-masing UMKM dapat ditingkatkan.

“Kalau ini sudah terbentuk saya harap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya. Kenapa? karena suku bunga yang ditawarkan sangat rendah. Ini semata-mata untuk meningkatkan kapasitas dan produksi dunia usaha kita,” tandasnya. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Kapal Asal Siompu Terbakar di Perairan Sulaa Baubau