Pemkot Baubau Gelontorkan Rp 1, 2 Miliar untuk Mobil Pemadam Jenis Busa

392
Ilustrasi

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Baubau tahun ini akan menambah Armada baru. Anggaran untuk penambahan armada ini sudah disiapkan.

Harga satu armada ini cukup fantastis. Nilainya bahkan mencapai Rp 1,2 miliar.

Kepala Dinas Damkar Baubau, MZ Tamsir Tamim mengatakan anggaran untuk armada ini sudah masuk dalam e-katalog pemerintah Kota Baubau. Sumber pendanaannya berasal dari APBD Kota Baubau 2019 ini.

“Jadi armada baru kita ini dilengkapi dengan teknologi baru. Yakni menggunakan foam atau busa,” kata MZ Tamsir Tamim.

Jenis armada ini diperuntukkan untuk kebakaran yang disebabkan oleh minyak. Sebab jika menggunakan air tidak terlalu efisien.

Foam atau busa yang bersifat padat dipercaya sangat efektif menutup luasan area kebakaran yang disebabkan oleh minyak. Makanya armada ini sangat dibutuhkan dalam aksi pemadaman.

“Kota Baubau merupakan daerah yang sedang berkembang. Apalagi pada tahun kemarin terdapat juga insiden kebakaran yang disebabkan oleh minyak, baik di SPBU maupun pedagang eceran. Kita tidak mendoakan supaya terjadi kebakaran ya, tapi jikalau terjadi kita sudah punya alat baru yang tentunya bisa miminimalisir kerugian akibat kebakaran itu,” tandasnya. (adm)

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Penerimaan Pajak di Baubau Capai Rp 23,3 Miliar