Arhawi Minta Sukseskan Program KB di Wakatobi

176

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) H Arhawi SE, menaruh harapan kepada kelompok Pendidikan Keterampilan Keluarga (PKK) Desa Longa Kecamatan Wangi-Wangi untuk bisa mengefektifkan program Keluarga Berencana (KB).

“Program pemerintah berupa KB dapat menekan angka kematian ibu melahirkan. Untuk itu, PKK Desa Longa harus membangkitkan kembali program KB di desanya yang kini mencapai 70 persen,” harap Arhawi, saat menerima kedatangan tim penilai tingkat provinsi Sultra pada lomba kesatuan gerak PKK, KKBPK dan Kesehatan, Sabtu (12/1/201).

Arhawi menekankan juga pentingnya peran serta seluruh stakeholder termasuk kaum pria disetiap desa dalam mensukseskan program tersebut. Hal itu penting sebagai wujud mendukung cita-cita besar pemerintah untuk menekan pertumbuhan penduduk.

“Seluruh komponen terutama juga bapak-bapak harus ikut membantu ibu-ibu PKK guna mensukseskan program KB. Karena secara nasional, pertambahan penduduk yang kini mencapai 265 juta penduduk sangat berpengaruh terhadap pengendalian kebijakan secara nasional,” ungkap Arhawi.

Kata Arhawi, partisipasi ibu-ibu PKK khususnya di pulau Wangi-Wangi begitu besar. Hal itu terlihat dari setiap kegiatan PKK baik ditingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

“Terimakasih, saya telah keliling di dalam ibu kota bahwa partisipasi dan keterlibatan ibu-ibu dan bapak-bapak dalam kegiatan PKK luar biasa. Program PKK harus senantiasa dilaksanakan melalui konseling khususnya ibu-ibu yang masih usia produktif,” himbau Bupati Wakatobi.

Untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera maka segala kemungkinkan harus dipersiapkan. Salah satunya yakni meningkatkan jangkauan kampung KB.

“Kampung KB telah diselenggarakan dibeberapa tempat. Dan tahun ini juga akan dikembangkan di Pulau Kapota,” tutup Arhawi. (adm)

Peliput: Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Desa Kapota Utara Wakatobi Bikin Tim Penilai Lomba PKK Sultra Kepincut