Sembilan OPD di Baubau Dijabat Pelaksana

Roni Muktar

BAUBAU, Rubriksultra.com– Sembilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemerintah Kota Baubau berjalan tanpa pimpinan definitif. Hingga saat ini, kesembilan OPD itu dijabat seorang pelaksana tugas (Plt).

Tujuh OPD diantaranya ditinggal pimpinan definitifnya sejak 2018 lalu. OPD itu yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, dan Dinas Sosial.

- Advertisement -

Sedang dua OPD lainnya, yakni Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau baru saja ditinggal pimpinan definitifnya awal 2019 ini. Bappeda Baubau ditinggal Abdul Rahim menjadi Plt Kadis Sumber Daya Air dan Binamarga Provinsi Sultra, sedang Disdukcapil ditinggal H. Sahirun karena memasuki masa pensiun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar mengatakan kesembilan OPD itu akan segera diisi oleh pimpinan definitif. Pengisian jabatan tinggi pratama itu akan melalui seleksi lelang jabatan terbuka.

Untuk perencanaan lelang jabatan ini, Roni Muhtar mengaku telah dianggarkan dalam APBD 2019. Olehnya, lelang diupayakan dapat dilakukan sesegera mungkin.

“Segera akan kita lakukan lelang. Agar semua OPD dapat dipimpin pejabat definitif,” kata Roni Muhtar usai syukuran Adipura keempat di kantor Wali Kota Baubau, Rabu 16 Januari 2019.

Sebenarnya, kata dia, meski dipimpin seorang Plt, jalannya proses pemerintahan tak terkendala sama sekali. Terbukti, semua kegiatan pemerintahan dapat dilakukan dengan hasil yang memuaskan.

“Tidak ada kendala sama sekali. Contoh, di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Nah, bisa kita lihat Baubau mendapat penghargaan Adipura walau dcipimpin seorang Plt, lalu bisa juga mengadakan syukuran sebesar ini. Ini tidak mudah loh,” jelasnya.(adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Pemkot Baubau Segera Tata Kawasan Benteng Keraton Buton