Tahun Ini, Capil dan PTSP Baubau Miliki Gedung Baru

Kepala DPM-PTSP Kota Baubau, Armin

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pembangunan infrastruktur perkantoran menjadi perhatian pemerintah Kota Baubau. Sedikitnya ada tiga kantor pelayanan masyarakat yang akan dibangun pada 2019 ini.

Gedung baru itu diantaranya kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Baubau. Selain itu ada juga pembangunan tambahan kantor Bidang Pendapatan Daerah Badan Pengelola Keuangan, Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Kota Baubau.

- Advertisement -

“Pembangunan tiga gedung itu khusus ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau ya, saya tidak tahu apakah di dinas lain ada juga pembangunan serupa,” kata Plt Kepala PUPR Kota Baubau, Armin diruang kerjanya, pekan lalu.

Pembangunan tiga gedung itu menjadi fokus pemerintah karena berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat. Apalagi, kondisi tiga kantor ini sudah tak representatif.

Sebelumnya, kantor Capil dan PTSP bergabung dalam satu gedung eks RSUD Kota Baubau. Minimnya ruang gerak publik menjadi penghambat maksimalnya pelayanan.

“Kantor yang sekarang ini seperti Capil dan PTSP masih bergabung, sangat tidak representatif. Jujur, jika kita bandingkan dengan daerah lain, kantor pelayanan tidak bergabung seperti di Baubau,” katanya.

Pembangunan tiga gedung kantor ini difokuskan di area Palagimata. Lahan pembangunan gedung bahkan sudah disiapkan.

“Lahan siap, jadi tahun ini mulai pembangunan. Anggaran pembangunan sudah ada juga, semua dari APBD,” kata Armin.

Selain lahan, desain gedung untuk ketiganya juga sudah siap. Rancangan gedung dibuat serepresentatif mungkin dengan memperhatikan kebutuhan khusus masyarakat, seperti ruang publik maupun ruang ibu menyusui berdasarkan studi kelayakan dan perbandingan dengan daerah lainnya. (adm)

 

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Jadi Tuan Rumah Sultra Tenun Karnaval, Monianse: Teruslah Berinovasi