Enam Puskesmas di Wakatobi Siap Diakreditasi

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara mulai bersiap menghadapi akreditasi enam Puskesmas. Segala dokumen yang berkaitan dengan pemberian predikat oleh tim penilai telah dirampungkan.

“Dalam waktu dekat ada tim pusat yang akan turun melakukan penilaian terhadap Puskesmas yang kita usulkan agar mendapatkan akreditasi,” ungkap Kadis Kesehatan Wakatobi, Muliadin SKM.MKes, di Wangi-Wangi Senin (4/3/2019).

- Advertisement -

Tahun ini lanjut Muliadin, pihaknya mengusulkan enam puskesmas untuk mendapatkan akreditasi.

“Kita mengusulkan enam puskesmas melalui Dinas Kesehatan Provinsi untuk dilakukan penilaian oleh Komite Akreditasi Nasional,” jelasnya.

Sebelumnya juga telah ada Puskesmas yang mendapatkan akreditasi. Tahun 2017 lalu, sedikitnya delapan Puskesmas telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional.

Jika Puskesmas yang diusulkan berhasil mendapatkan akreditasi, maka lebih dari separuh Puskesmas di Wakatobi telah mendapatkan akreditasi.

“Puskesmas di Wakatobi inikan sebanyak 20 unit. Tahun 2017 ada delapan sudah terakreditasi. Jika enam puskesmas yang kita usulkan ini berhasil, maka sisa enam belum terakreditasi,” ujar Kadis Kesehatan Wakatobi.

Muliadin, menambahkan tim penilai akan melakukan survei terhadap kelayakan Puskesmas mulai dari administrasi hingga sarana dan prasarana.

“Ada 99 elemen penilaian, jika didapati 88 persen terpenuhi maka sudah tentu mendapatkan akreditasi,” tutupnya. (adm)

Peliput: Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  2019, Empat Puskesmas di Buteng Siap Akreditasi