Polres Wakatobi Canangkan Zona Integritas

Polres Wakatobi resmi mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). (FOTO : KURNIAWATI)

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Kepolisian Resort (Polres) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Rabu (20/03/2019).

Kapolres Wakatobi, AKBP Didik Erfianto SIk menjelaskan penerapan zona intergritas berdasarkan Peraturan Menpan RB nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona intengritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani dilingkungan instansi pemerintah.

- Advertisement -

Hal itu juga dilakukan sebagai upaya atau langkah pemerintah dalam rangka melakukan pencegahan pemberantasan korupsi dan peningkatan pelayanan publik di instansi pemerintah dalam hal reformasi birokrasi.

“Untuk dijajaran Polda Sultra tahun 2019 baru empat Polres yang ditunjuk untuk mencanangkan Zona Integritas WBK dan WBBK. Diantaranya Polres Wakatobi, Kolaka, Baubau, dan Polres Konawe,” ujar Kapolres Wakatobi.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menuju zona integritas WBK dan WBBK. Diantaranya melaksanakan transparansi dalam pelayanan SIM dan SKCK baik itu yang berbasis IT dan non IT.

Disamping itu, melakukan inovasi-inovasi dalam pelayanan publik dibidang pelayanan SIM dan SKCK. Salah satunya yang non IT adalah pelayanan Lasido (pelayanan SIM dan SKCK terpadu) ini yang membantu masyarakat yang ada di pulau Kaledupa,Tomia dan Binongko sehingga mempermudah pelayanan.

“Kami selalu terus berupaya menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat. Dalam hal ini Polres Wakatobi selalu hadir di tengah masyarakat, dalam memberikan perlindungan pengayoman kepada masyarakat. Upaya yang kami lakukan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat Wakatobi baik itu berbasis IT maupun tidak bebasis IT,” katanya.

Untuk memantau kinerja Polres Wakatobi, masyarakat dapat mengakses melalui Website maupun media sosial. Masyarakat juga dapat mengetahui pelayanan dalam sehari-hari yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas.

Baca Juga :  Wakatobi Rangking Dua Perencana Pembangunan Terbaik di Sultra

Diantaranya memakmurkan masjid dari sholat subuh, kegiatan door to door sistem problem solving dan kegiatan lainnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (adm)

Peliput : Kurniawati
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments