Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata, Pemkab Wakatobi Gandeng Universitas di Bali

Keindahan wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Wakatobi menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. (FOTO ISTIMEWA)

WAKATOBI, Rubriksultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjajaki kerjasama dengan lembaga pendidikan setingkat Universitas di Provinsi Bali.

Kerjasama bertujuan membangun kolaborasi dalam hal peningkatan sumber daya manusia. Hal itu digagas mengingat Wakatobi sebagai salah satu dari sepuluh daerah yang akan dijadikan Bali baru di Indonesia.

- Advertisement -

“Rencana ini didasari potensi pariwisata di Wakatobi sangat luar biasa. Apalagi beberapa waktu lalu, Wantimpres hadir di Wakatobi dan memberikan support untuk pengembangan pariwisata,” ungkap Bupati Wakatobi, Arhawi di Wangi-Wangi, Sabtu (6/4/2019).

Menurut Arhawi, pariwisata bukan hanya bicara investor namun harus ditopang dengan kesiapan sumber daya manusia yang mempuni.

Untuk mendukung kesiapan SDM pariwisata, lanjut Arhawi, telah dilakukan pendekatan dan komunikasi dengan sekolah tinggi ilmu pariwisata dan politeknik di Bali.

“Kita sudah ketemu dan secara resmi pula kita telah bersurat. Kita tinggal menunggu jadwal kapan akan diundang atau jika ada respon maka mereka akan hadir di Wakatobi,” tambahnya.

Setelah kerjasama dalam bentuk MoU ditandatangani, putra-putri terbaik Wakatobi akan dikirim untuk mengikuti orientasi di Bali.

Jika sudah selesai menuntut ilmu dan belum didukung dengan lapangan kerja di Wakatobi, mereka nantinya akan diperbantukan di perusahaan pariwisata di Bali.

“Jika sudah terlaksana, langkah awal kita akan kirim 10 atau 15 orang dulu untuk belajar di Bali. Ketika sudah selesai namun belum ada kesiapan hotel di Wakatobi, maka bisa dipekerjakan diperusahaan-perusahaan Perhotelan di Bali,” pungkas Arhawi. (adm)

 

Peliput: Kurniawati

Facebook Comments
Baca Juga :  Golkar Wakatobi Sepakat Buka Penjaringan