Amankan Pemilu, Pemkot Baubau Siagakan 950 Personil Gabungan

Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar saat memberikan arahan kepada 950 pasukan Satpol PP dan Linmas Kota Baubau untuk mendukung pengamanan pemilu 2019 di gedung Maedani, Selasa 9 April 2019.

BAUBAU, Rubriksultra.com – Pemkot Baubau menyiagakan sedikitnya 950 personil gabungan Satpol-PP dan Linmas untuk membantu TNI/Polri dalam mengamankan Pemilu 2019. Jumlah tersebut nantinya disebar merata di 430 TPS dan 43 kelurahan di Kota Baubau.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar mengatakan pasukan ini akan berperan membantu pemerintah dalam menciptakan keamanan selama penyelenggaraan pemilu berlangsung. Mereka akan bergerak bersama-sama dengan TNI/Polri.

- Advertisement -

“Makanya melalui kegiatan ini, saya harap personil bisa diberi bekal dari para narasumber dari KPU maupun dari pihak keamanan dalam hal ini TNI/Polri. Itu penting agar pemilu yang kita jaga bersama penyelenggaraannya ini bisa melahirkan hasil yang bisa dilegitimasi,” kata Dr Roni Muhtar usai memberikan arahan dalam pembekalan personil gabungan di gedung Maedani, Selasa 9 April 2019.

Plt Kasat Pol PP Kota Baubau, Rahmat Tuta menambahkan personil Satlinmas yang disiagakan merupakan binaan Satpol PP. Dari 860 pasukan Linmas akan disiagakan masing-masing dua orang tiap TPS dan maksimal dua orang petugas Satpol PP.

“Kalau dari kita (Satpol PP) kita hanya siagakan 90 orang. Tinggal kita lihat tingkat kerawanannya, kalau rawan kita tempatkan dua orang tapi jika tidak paling hanya satu orang saja,” katanya.

Diharapkan setiap pasukan paham atas tugasnya masing-masing saat mengawal dan menciptakan situasi kondusif saat pemungutan suara nanti. Sebisanya pasukan harus menyiapkan mental dan fisik, sebab proses pemungutan suara nanti akan memakan waktu yang cukup lama.

“Pemilu kali ini khan ada lima kategori. Nah pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, makanya saya himbau agar pasukan bisa menjaga staminanya hingga pemilu usai,” katanya. (adm)

Peliput : Sukri
Editor : La Ode Aswarlin

Facebook Comments
Baca Juga :  Satgas TMMD Kerahkan Tiga Alat Berat Kebut Pekerjaan Jalan di Matawine Buteng