TPAS Wakonti Diprediksi Penuh Oktober

ILUSTRASI

BAUBAU, Rubriksultra.com- Satu-satunya Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) yang ada di Kota Baubau tepatnya di Wakonti diprediksi akan penuh Oktober 2019 mendatang. Kondisi inipun menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Baubau, Muh. Salim mengatakan, prediksi tersebut berdasarkan hasil kajian kuantitas produksi sampah perkotaan. Dalam sehari, produksi sampah di Baubau bisa mencapai 80 hingga 100 ton.

- Advertisement -

“Artinya tinggal beberapa bulan lagi. Makanya saat ini kita masih kaji beberapa alternatif,” kata Muh. Salim ditemui di kantor Wali Kota Baubau, belum lama ini.

Alternatif itu, kata dia, dengan mencari lokasi baru untuk TPAS. Rencananya lokasi baru itu akan dipusatkan disekitaran area Palagimata.

Selain lokasi baru, alternatif lain yakni memaksimalkan bank sampah yang ada. Saat ini baru ada sekitar lima bank sampah yang beroperasi di Baubau.

Ia menilai kehadiran bank sampah akan mengurangi kapasitas sampah perkotaan. Sampah yang bernilai ekonomis akan dipilah sedemikian untuk diolah kembali.

“Kita cukup terbantu sebenarnya dengan bank sampah ini. Berdasarkan catatan kami, pengiriman mereka itu bisa mencapai lima ton perbulan langsung ke Surabaya. Makanya kita akan terus maksimalkan paling tidak pemerintah juga ikut membangun bank sampah ini,” katanya. (adm)

Editor : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Iis Eliyanti : Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Jangan Memberatkan Warga