Sakit Saat Mudik Tapi Lupa Bawa Kartu BPJS Kesehatan, Ini Solusinya

ILUSTRASI (FOTO.INT)

BAUBAU, Rubriksultra.com- BPJS Kesehatan berkomitmen memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran 2019. BPJS Kesehatan juga menjamin peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota.

Nah, bagaimana jika Anda yang sedang mudik keluar kota tapi lupa membawa kartu BPJS Kesehatan di saku celana?. Tak perlu khawatir, BPJS Kesehatan punya solusi tepat untuk itu.

- Advertisement -

“Bila peserta lupa membawa kartu maka cukup memperlihatkan kartu BPJS Kesehatan digital melalui smartphone peserta. Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan bisa didownload melalui Playstore dan Appstore,” kata Barlianta Shaleh selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Baubau, baru-baru ini.

Kata dia, mengenai kartu digital ini, pihaknya telah menyampaikan kepada seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). Olehnya, keabsahan kartu BPJS digital bisa dijadikan pegangan peserta.

“Kami sudah menyampaikan ke seluruh fasilitas kesehatan bahwa kartu digital dalam aplikasi sama fungsinya dengan kartu fisik. Jadi silahkan berobat, jangan ragu,” katanya.

Barlianta memang tak menampik terdapat beberapa kasus adanya FKTP atau FKRTL yang biasanya tetap meminta bukti fisik kartu. Hal itu untuk memastikan apakah sang pemilik kartu benar-benar yang bersangkutan.

“Sebenarnya itu hanya dokumen tambahan. Tapi khusus mudik lebaran ini, kami sudah meminta agar kartu digital juga sudah bisa dinyatakan sebagai bukti pengganti kartu fisik apabila peserta lupa membawanya,” katanya.

Pun demikian, kata dia, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik.

Baca Juga :  Katarak, Bayi Baru Lahir dan Fisioterapi Tetap Dijamin BPJS

Barlianta mengingatkan meski kartu BPJS digital dapat menjamin peserta namun baiknya kartu JKN-KIS kepesertaan terus dibawa serta. Hal itu penting sebab kesehatan dan keselamatan saat mudik adalah yang utama. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments