Sesar Kendari Bergeser Akibatkan Gempa Bumi Berkekuatan 3,2 SR

132
Gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer Timur Laut Kendari pada kedalaman 10 kilometer. (FOTO DOK. BMKG)

KENDARI, Rubriksultra.com- Sesar Kendari kembali beraktifitas. Akibatnya wilayah Kota Kendari pada Minggu, 07 Juli 2019, pukul 01:43:30 WITa dini hari tadi kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 3,2 Skala Richter (SR).

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia dalam rilisnya menyatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.95 LS dan 122.58 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer Timur Laut pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Timur Laut Kendari,” katanya.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 02:31 WITa, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  KMPS Desak PT.AKP Hentikan Aktifitas Pertambangan di Lahan PT.AKM