Kenakan Sarung Buton, 11 Turis Asing Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI

Sejumlah turis asing mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih saat HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung di Kabupaten Buton, Sabtu 17 Agustus 2019. (FOTO ISTIMEWA)

PASARWAJO, Rubriksultra.com – Pengibaran Bendera Merah Putih memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 hari ini, digelar serentak di seluruh nusantara. Di Kabupaten Buton prosesi sakral itu dipimpin langsung Bupati Buton, La Bakry dipusatkan di Alun-alun Takawa, Sabtu 17 Agustus 2019.

Unsur muspida dan jajaran kepala SKPD terlihat hadir dalam upacara tersebut. Bahkan turis asing yang berkunjung untuk menyaksikan rangkaian Festival Pesona Budaya Tua Buton yang akan dibuka pada 19 hingga 24 Agustus mendatang juga ikut dalam upacara.

- Advertisement -

Mereka terlihat khitmad dengan mengenakan sentuhan budaya berupa balutan sarung tenun khas Buton. Wisatawan asing ini juga ikut memberikan penghormatan saat sang saka merah putih dikibarkan.

“Ini kali pertama saya ikut upacara bendera dan saya sangat senang,” ungkap salah seorang wisatawan asing yang sempat diwawancara Rubriksultra.

Kepala Dinas Pariwisata, La Ode Zainuddin Napa mengatakan terdapat 11 turis yang ikut dalam upacara tersebut. Mereka berasal dari 4 negara berbeda, yakni dari Italia, Amerika Serikat, Perancis dan Australia.

Mereka merupakan peserta Sail Wonderfull Indonesia yang datang ke Buton dalam rangka menyaksikan Festival Pesona Budaya Tua Buton. “Mereka tiba sejak kemarin,” singkat Zainuddin. (adm)

 

Penulis : Afrizal

Facebook Comments
Baca Juga :  Kominfo Luncurkan E-Provile D'Best Buton