221 Lansia di Wakatobi Terima Bantuan Rp 200 Ribu Per Bulan

Bupati Wakatobi, H. Arhawi menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kemensos RI kepada 221 lansia disela-sela peresmian pasar rakyat Waetuno Wangi-Wangi, Selasa 20 Agustus 2019. (FOTO KURNIAWATI)

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan bantuan kepada masyarakat Wakatobi yang masuk kategori lanjut usia (Lansia). Bantuan itu baru diluncurkan 2019 ini kepada sedikitnya 221 lansia di daerah yang terkenal dengan surga bawah lautnya itu.

Bantuan dari Kemensos RI ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Wakatobi, H. Arhawi disela-sela peresmian pasar rakyat Waetuno Wangi-Wangi, Selasa 20 Agustus 2019.

- Advertisement -

“Bantuan lanjut usia ini merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial tahun anggaran 2019. Diperuntukkan kepada masyarakat kategori lanjut usia,” kata H. Arhawi kepada para lansia penerima bantuan.

Kata dia, pemerintah Kabupaten Wakatobi mendukung penuh program itu. Dukungan diperlihatkan dengan menyajikan dan memberikan data hasil verifikasi secara berjenjang agar program tersebut tepat sasaran.

“Semua program pusat kita harus dukung, apalagi program ini menyentuh langsung masyarakat penerima. Saya minta agar program ini dimanfaatkan sesuai harapan pemerintah,” harap orang nomor satu di Wakatobi ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wakatobi, Jamrudin Ruda menjelaskan bila program tersebut baru mulai berjalan 2019 ini. Program ini diperuntukan bagi masyarakat lanjut usia yang telah berusia 65 tahun ke atas.

“Artinya mereka ini dianggap tidak mampu lagi dari segi ekonomi dengan berbagai pertimbangan sesuai petunjuk teknis dan pelaksanaannya,” katanya.

Terkait kriteria penerima, Ia mengaku pemerintah daerah hanya mengirim data hasil validasi sesuai mekanisme. Penerima bantuan tahap awal ini semua ditentukan pemerintah pusat.

Dikatakan, jumlah penerima di Wakatobi sebanyak 221 jiwa untuk tahap awal ini. Penerima bantuan berhak mendapat Rp 200 ribu per bulannya yang dibayarkan setiap enam bulan sekali dan langsung ditransfer ke rekening penerima.

Jamrudin berharap tahun berikutnya jumlah penerima bantuan tersebut bisa bertambah. Apalagi masih banyak masyarakat yang masuk dalam kategori lanjut usia di Wakatobi. (adm)

Baca Juga :  Pemkab Wakatobi Gandeng Pengacara Negara

Penulis: Kurniawati

Facebook Comments