Pemkot Baubau Bidik Juara Lomba P2WKSS Tingkat Sultra

Wa Ode Soraya

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pemerintah Kota Baubau membidik target juara dalam lomba program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Sultra tahun 2019.

Persiapan program yang digawangi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Baubau ini terus dimatangkan menjelang penilaian pada pertengahan Oktober nanti.

- Advertisement -

“Tahun ini Kota Baubau diwakili Kelurahan Bugi. Tentu target kita menjuarai lomba dengan pola maksimal yang kita punya,” kata Kepala DP3A Baubau, Wa Ode Soraya di ruang kerjanya, Jum’at 4 Oktober 2019.

Kata Wa Ode Soraya, ada 100 rumah sehat binaan yang disiapkan untuk penilaian. Masing-masing OPD bertanggung jawab terhadap tiga rumah binaan.

“Jadi tiap OPD membina warga untuk hidup sehat beserta menciptakan lingkungan sehat tempat tinggalnya. Rumah sehat itu harus ada ventilasi, SPAL, WC, penyekat ruangan, pagar dan taman. Ini yang sementara kita siapkan,” katanya.

Saat ini, aku Wa Ode Soraya, progres persiapan rumah binaan telah mencapai 60 persen. Diupayakan persiapan rampung 100 persen sebelum penilaian dilakukan.

“Kita optimis rampung sebelum penilaian. Apalagi antusiasme masyarakat Bugi sangat tinggi. Khan program ini bukan semata OPD saja, tapi juga swadaya dari masyarakat,” katanya.

Selain rumah binaan, pihaknya juga telah melatih masyarakat khsusnya perempuan untuk meningkatkan ekonomi. Salah satunya dengan melakukan pelatihan peningkatan produk jahe instan dan olahan kuliner kreatif dari ubi ungu yang merupakan produk lokal Kelurahan Bugi.

Ia meyakini, pelatihan tersebut akan merangsang masyarakat setempat untuk meningkatkan taraf ekonomi. Dengan begitu, kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat.

“Bila kesejahteraan sudah meningkat maka pastinya kesehatan masyarakat juga akan meningkat. Hal inilah yang menjadi salah satu penilaian yang kita siapkan,” katanya. (adm)

Baca Juga :  Kemenpar Dukung Kerjasama Sister City Baubau-Banjarmasin

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments