Hari Pangan Sedunia, Rombongan Diplomat Terpikat Kuliner di Stan Dekranas Busel

Ketgam : Ketua Dekranas Sultra, Agista Ali Mazi mendampingi puluhan Diplomat asing yang berkunjung di stan Dekranas milik Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ISTIMEWA)

KENDARI, Rubriksultra.com – Sejumlah rangkaian kegiatan mewarnai peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 yang berlangsung di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Salah satunya pameran Dekranas yang dibuka pagi tadi oleh Ketua Dekranasda dan TP PKK Sultra, Agista Ali Mazi di kantor Dekranas Sultra, Jumat (1/10/2019).

Di pameran tersebut seluruh daerah di Sultra ambil bagian dengan memperkenalkan potensi unggulan yang dimiliki. Salah satunya Dekranas Kabupaten Buton Selatan binaan Hj. Wa Ode Ruhania Arusani.

- Advertisement -

Di stan pameran milik Dekranas Kabupaten Buton Selatan, pengunjung dapat menemukan kuliner khas lokal dan kerajinan home industri masyarakat setempat.

Ketua Dekranas Sultra, Agista Ali Mazi saat berdiskusi bersama sejumlah petugas di stan pameran milik Dekranas Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ISTIMEWA)
Ketua Dekranas Sultra, Agista Ali Mazi saat berdiskusi bersama sejumlah petugas di stan pameran milik Dekranas Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ISTIMEWA)

Pengunjung yang datang di lokasi stand Dekranas Pemkab Buton Selatan juga akan disugukan kopi Hendea yang menjadi salah satu produk andalan yang sudah dipasarkan secara meluas oleh Dekranas Busel.

Kopi bubuk instant hasil olahan petani lokal ini bahkan memikat rombongan diplomat asing yang sempat berkunjung di stand pameran tersebut yang didampingi Ketua Dekranas Sultra, Agista Ali Mazi.

Kopi hangat itu menjadi pasangan yang sempurna dinikmati dengan sajian kuliner lokal yang berbahan dasar singkong diantaranya, Sanggara Banda, Epu-epu dan Tuli-tuli.

“Seluruh produk unggulan tersebut telah dipasarkan secara meluas bahkan dengan mudah diperoleh melalui pembelian secara online,” ungkap Kabid Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi UKM dan Perindag Busel, Jumiati SE kepada Rubriksultra.com

Selain kuliner khas lokal dan Kopi Hendea, Dekranas Buton Selatan juga menyediakan aneka ole-ole diantaranya jambu mete, stik kelor, kripik pisang, kripik ubi, abon ikan tuna dan bawang goreng Lande.

Kata dia, berbagai upaya sudah dilakukan untuk memperkenalkan produk milik masyarakat lokal baik melalui pameran yang diikuti diberbagai daerah maupun memasarkan produk-produk tersebut secara online. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Arusani Dukung Pencanangan Zona Integritas Polres Buton