Gerbang Islami Dipastikan Rampung 2019, Samahuddin Bakal Undang Gubernur

Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin saat memantau langsung proses pembangunan gerbang islami Buteng, Senin 4 November 2019. (FOTO ISTIMEWA)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin memastikan pembangunan gerbang islami yang terletak di Desa One Waara, Kecamatan Lakudo rampung 2019 ini.

Kepastian itu Ia nyatakan saat memantau langsung proses pembangunan gerbang islami Buteng, Senin 4 November 2019.

- Advertisement -

Kata H. Samahuddin, progres pembangunan gerbang sudah mencapai 95 persen. Sisanya tinggal pengecetan dan pembersihan.

“Jelasnya akan rampung 2019 ini,” kata H. Samahuddin.

La Ramo, begitu Ia akrab disapa menjelaskan, pembangunan pintu gerbang dikerjakan dua tahap. Anggaran pembangunan menggunakan APBD Provinsi Sultra.

“Anggarannya itu kurang lebih Rp 5 miliar. Tahap awal dikerjakan pada 2018 dan tahap kedua penyelesaian pada 2019 ini,” katanya.

Oleh karena menggunakan APBD Provinsi Sultra, bupati definitif Buteng pertama ini akan mengundang langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi untuk meresmikan. Apalagi jalan yang dipergunakan adalah jalan provinsi.

Orang nomor satu di Buteng ini menambahkan, desain pintu gerbang menggunakan sentuhan rumah adat Buteng dihiasi dua buah kuba disisi kanan kiri gerbang. Dua kuba ini melambangkan bahwa Buteng adalah daerah agamis.

“Ukuran pintu gerbang ini terbentang sepanjang 23 meter dengan ruas jalan sebesar 20 meter,” tambahnya.

Ia berharap pintu gerbang islami ini kedepan akan menjadi ikon saat memasuki Buteng. Menarik perhatian para masyarakat hingga wisatawan saat berkunjung di daerah yang terkenal dengan istilah neegeri seribu gua ini. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Usai Pilkades, Warga Diajak Ciptakan Suasana Kondusif