Arusani Komitmen Bangkitkan Budaya Leluhur Busel

BATAUGA, Rubriksultra.com- Plt Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani berkomitmen membangkitkan budaya warisan leluhur. Rencananya, seluruh ritual adat yang ada di Busel akan diaktifkan kembali mulai 2020 mendatang.

Hal itu Ia tegaskan dihadapan seluruh tokoh adat (Parabela) se-Kabupaten Busel. Seluruh Parabela ini diundang khusus di Rujab Bupati Busel, Senin 4 November 2019.

- Advertisement -

“Saatnya kita bangkitkan kembali budaya yang menjadi warisan leluhur,” kata H La Ode Arusani.

Kata dia, budaya menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan daerah. Hal itu bertalian untuk menjadikan Busel yang beradat.

Untuk mendukung komitmen besar ini, orang nomor satu di Busel ini akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penganggaran kegiatan budaya ritual adat dan honor para tokoh adat (Parabela).

“Saya akan terbitkan Perbub. Jadi mulai tahun depan seluruh kegiatan ritual adat di desa sudah aktif begitu pula dengan honor tokoh adat,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Busel, La Ode Yusuf Hibali mendukung komitmen tersebut. Sebagai langkah awal, pihaknya akan segera menginventarisasi jumlah ritual adat yang ada di masing-masing desa.

Daftar ini akan dibuat dalam kalender ritual adatm tujuannya agar penganggaran kegiatan lebih mudah dan transparan.

Kata dia, anggaran ini akan digunakan untuk membiayai kegiatan ritual. Mulai dari memperbaiki baruga, melengkapi alat musik tradisional, keperluan ritual, serta honor parabela.

“Jadi nanti di Busel ini akan ramai dengan kegiatan budaya. Pokoknya dalam satu bulan itu pasti ada ritual, berdasarkan kalender yang telah kita susun,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Plt Bupati Busel Beri Hadiah Tiga Peserta Terbaik LK II HMI