Lomba P2WKSS Tingkat Sultra, Buteng Optimis Pertahankan Juara

Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, H. Kostantinus Bukide saat memimpin rapat evaluasi dan persiapan lomba P2WKSS di aula kantor Bupati Buteng, Rabu 6 November 2019. (FOTO SUKRI)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) optimis mempertahankan juara pada lomba Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat (P2WKSS) 2019 tingkat Sultra. Pemkab Buteng diwakili Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka.

“Tahun 2018 lalu kita juara dua, minimal tahun ini kita bisa pertahankan. Tapi kalau bisa naik jadi juara satu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, H. Kostantinus Bukide usai memimpin rapat evaluasi dan persiapan lomba P2WKSS di aula kantor Bupati Buteng, Rabu 6 November 2019.

- Advertisement -

Kata dia, Pemkab Buteng tengah bersiap menyambut tim penilai. Rencananya, tim penilai itu akan berkunjung pada 18 November 2019 mendatang.

Mengenai persiapan, secara keseluruhan para OPD sudah melaksanakan kewajiban. Bila dihitung, persiapan sudah mencapai 80 persen.

Untuk 20 persen sisanya, Jenderal ASN Buteng ini mengaku memberi tenggat waktu hingga Minggu bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November mendatang. Di hari itu, segala persiapan sudah harus tuntas 100 persen.

“Kendala kita dilapangan itu hanya cat saja, karena cat yanng kita inginkan itu jarang dipasaran. Sementara kita upayakan,” katanya.

Dikatakan, ada 50 rumah binaan sebagai standar penilaian yang dipersiapkan. Seluruhnya masih dalam tahap penyelesaian.

“Sebenarnya khan yang dibina ini bukan rumahnya, tapi manusianya khususnya peranan wanita untuk mendorong kesejahteraan menuju keluarga sehat. Rumah itu hanya sebagai kelengkapan,” katanya.

Ia berharap, lomba ini tak sekedar menjadi seremonial belaka. Tapi lebih dari itu menjadi gaya hidup masyarakat.

“Artinya menjadi kegiatan mayarakat secara luas. Bukan hanya karena lomba baru kita bersiap, tapi desa yang kita bina saat ini menjadi patron bagi desa lain sebagai budaya menciptakan pola hidup sehat,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Angka Stunting Buteng Tertinggi di Sultra