Hasil Evaluasi DOB, Tiga Daerah di Sultra Naik Status

459
Plt Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani saat menerima piagam penghargaan di kantor Kementerian Daerah Negeri, Kamis 7 November 2019. (FOTO ISTIMEWA)

JAKARTA, Rubriksultra.com – Kementerian Daerah Negeri (Kemendagri) meningkatkan status Daerah Otonom Baru (DOB) tiga kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi daerah otonom. Ketiganya masing-masing, Kabupaten Buton Selatan, Buton Tengah dan Muna Barat.

Tiga daerah tersebut merupakan hasil pemekaran dari dua wilayah masing-masing Kabupaten Buton dan Kabupaten Muna pada tahun 2014 lalu. Ketiga daerah tersebut masuk katagori baik berdasarkan hasil evaluasi perkembangan daerah otonom baru yang dilakukan Kemendagri.

Atas pencapaian tersebut tiga kepala daerah di masing-masing wilayah diundang ke Jakarta untuk menerima piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri. Piagam penghargaan itu diserahkan Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri siang tadi, Kamis 7 November 2019.

Plt Bupati Busel La Ode Arusani, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kemendagri yang telah membimbing dan memberikan petujuk kepada Pemkab Busel sehingga dapat menyelenggarakan pemerintah dengan baik.

Walaupun Busel sudah berstatus Daerah Otonomi, Arusani berharap Kemendagri selalu mengontrol dan memberikan bimbingan dan petunjuk untuk kemajuan Busel kearah lebih baik lagi.

“Alhamdullah, kami berharap Kemendagri tetap memberikan perhatian serius, bimbingan dan petunjuk kepada kami untuk kebaikan dan kemajuan Busel kedepan,” ujar Arusani.

Terpisah Asisten I Setkab Busel, LM Muslim Taangi mengatakan, nilai akhir evaluasi pengembangan tahun 2019 setelah lima tahun mekar Kabupaten Busel statusnya kategori baik. Dari ketiga daerah tersebut, Buton Selatan memperoleh nilai 91,25, Buton Tengah 90,5 dan Muna Barat 93,25.

“Alhamdullah, Ini patut kita syukuri sudah selamat dari status DOB,” ujarnya.

Ia juga berharap masyarakat mendukung seluruh program pemerintah daerah untuk kemajuan Busel kedepan.

Saat ini, lanjut LM Muslim Taangi, Pemkab Buton Selatan fokus membangun infrasturuktur dan sarana prasana lainya, pengembangan SDM dan potensi unggulan daerah lainya untuk bisa setara dengan daerah lain yang duluan mekar.

Baca Juga :  Lemkari Sultra Sabet Tujuh Medali di Kejuaran Menpora

“Pihak Kemendagri memberikan apresiasi positif kepada tiga DOB ini. Utamanya memberikan apresiasi kepada pemimpinnya karena benar-benar proaktif,” katanya. (adm)

Facebook Comments