BNN Baubau Musnahkan 103 Paket Sabu yang Disembunyikan Kurir Diselangkangan

Kasi Pemberantasan BNN Baubau, AKP Anwar saat menunjukkan barang bukti sabu yang hendak dimusnahkan. (FOTO SUKRI)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Barang bukti 103 paket narkoba jenis sabu seberat 58,45 gram dimusnahkan BNN Kota Baubau. Barang haram ini disita dari seorang kurir inisial KL (22) asal Kota Kendari yang diamankan petugas di pelabuhan Murhum pada Kamis, 17 Oktober lalu.

Pemusnahan 103 paket sabu senilai Rp 60,5 juta ini dilaksanakan di halaman kantor BNN Kota Baubau, Selasa 12 November 2019.

- Advertisement -

Kepala BNN Baubau, Alamsyah mengatakan, barang bukti sabu tersebut telah melalui uji laboratorium forensik di Makassar. Pelaku juga diidentifikasi sebagai pengguna setelah dinyatakan positif narkoba.

“Jadi hari ini kita laksanakan pemusnahan. Dari 103 paket ini, kami mengambil lima sachet untuk keperluan persidangan nanti,” kata Alamsyah sebelum pemusnahan.

Kasi Pemberantasan BNN Baubau, AKP Anwar menambahkan, berkas perkara kurir asal Kota Kendari ini sudah dinyatakan lengkap atau P-21. Berkas perkara sudah siap untuk dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Baubau.

Amatan media, barang bukti narkoba dimusnahkan dengan menggunakan blender. Hasil blender lalu ditanam dalam tanah dan dibakar bersama plastik sachet pembungkus sabu.

Diberitakan sebelumnya, kurir inisial KL (22) asal Kendari ini diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau bekerjasama KUPP Kelas I Baubau dan TNI AL.

Ia kedapatan menyembunyikan narkoba jenis sabu sebanyak 103 paket yang disembuyikan diselangkangannya untuk mengelabui petugas. Rencananya barang haram ini akan diberikan kepada salah seorang penerima di Kota Baubau.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, KL disangkakan pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) dan pasal 127 ayat (1) huruf (a) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman kurungan penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 20 tahun. (adm)

Baca Juga :  Geger Penemuan Mayat Bayi Perempuan di Semak-semak Kelurahan Baadia Baubau

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments