Pemkot Baubau Kaji Pergantian Nama Bandara Betoambari

Dr AS Tamrin

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin menegaskan bakal mengganti nama bandara Betoambari menjadi bandara Sultan Himayatuddin.

Penegasan ini Ia nyatakan untuk menghormati penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo oleh Presiden RI, Joko Widodo beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

“Nanti (Bandara Betoambari) itu kita namakan bandara Sultan Himayatuddin. Supaya sama seperti bandara Sultan Hasanuddin yang merupakan pahlawan nasional dari Makassar,” kata Dr AS Tamrin usai membuka seminar nasional Spice Route Culture Indonesia 2019 di kantor Wali Kota Baubau, baru-baru ini.

Orang nomor satu di Baubau ini juga menegaskan dalam waktu dekat pihaknya akan mengkaji perubahan nama itu.

“Prosedurnya nanti kita akan tempuh. Kita tenang saja, tidak usah menggebu-gebu. Pelan tetapi pasti,” katanya.

“Sama seperti penganugerahan gelar pahlawan nasional ini, kita senyap saja tapi jadi akhirnya karena bukan ributnya yang kita cari tapi jadinya,” tambahnya.

Doktor jebolan IPDN Jatinangor ini menjelaskan, bandar udara di Baubau pelan-pelan akan ditingkatkan sesuai kemampuan. Tentunya dengan mensinergikan progran dengan pemerintah provinsi dan pusat.

“Kemampuan daerah itu terbatas. Paling kita hanya menyiapkan lokasi dan lahan, lainnya kita koordinasi dengan Pemprov untuk membangun terminal maupun pusat untuk perpanjangan bandara dan menambah tebal runway. Intinya bandara kita akan terus ditingkatkan,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Besok, SK 80 Persen 135 CPNS Baubau Diserahkan