Arusani Pastikan Buton Selatan Festival bakal Meriah

Plt Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani (Berdiri di Kanan) sedang menyaksikan pertunjukan budaya yang ditampilkan dalam salah satu kegiatan kebudayaan yang ditampilkan masyarakat Kecamatan Siompu, Kabupaten Buton Selatan. (FOTO ISTIMEWA)

BATAUGA, Rubriksultra.com – Berbagai persiapan terus dimatangkan Pemkab Buton Selatan mensukseskan Buton Selatan Festival 2019. Event budaya yang dimeriahkan dengan berbagai artis ibukota itu, akan berlangsung sejak 29 November hingga 1 Desember 2019.

Plt. Bupati Busel, La Ode Arusani memastikan, persiapan pemerintah menghadapi perayaan Buton Selatan Festival hampir rampung. Kebudayaan yang dimiliki di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Buton Selatan akan ditampilkan dalam event tersebut.

- Advertisement -

“Event ini penuh dengan muatan budaya. Kalau budaya hidup maka dengan sendirinya akan berdampak pada daya tarik wisata,” ungkap La Ode Arusani ditemui usai menghadiri rapat paripurna dewan di Gedung Lamaindo, Senin 25 November 2019.

Festival pariwisata dan budaya ini akan mengangkat tema besar “Keajaiban Buton Selatan atau The Wonder of South Buton”. Tema besar ini akan menjadi nafas sebagai upaya promosi pariwisata Nusantara di Dalam dan Luar Negeri Kabupaten Buton Selatan.

Sebagai daerah yang baru mekar 2014 lalu, jajaran pemerintah Kabupaten Buton Selatan tengah menggalakkan pembangunan pariwisata berbasis adat budaya serta masyarakat bahari. Hal ini sejalan dengan semboyan Kabupaten Buton Selatan yang beradat.

Dalam rilis yang diterima Rubriksultra.com, Pemkab Busel akan menyuguhkan sejumlah acara unggulan sebagai etalase bagi masyarakat luas untuk mengenal lebih jauh adat dan budaya, kehidupan masyarakat bahari, kekayaan kuliner dan wastra, serta potensi kreatif yang dimiliki masyarakat Busel.

Beberapa event yang akan digelar meliputi, parade budaya, karnaval perahu nelayan, ritual adat, pagelaran tari persembahan para pelajar, pemilihan duta wisata Buton Selatan, zona kuliner dan kreatif, lomba-lomba tradisional hingga fashion show tenun Buton.

Karnaval perahu di Buton Selatan Festival 2019 ini rencanaya juga akan diikuti ratusan kapal nelayan. Hal ini sebagai bentuk partisipasi dan kebanggaan masyarakat bahari Buton Selatan dengan melintasi perairan Batauga.

Baca Juga :  Bank Sultra Bantu Rp 100 Juta Bangun Masjid di Siompu

Selanjutnya parade budaya. Parade ini ditujukan sebagai wujud toleransi dan kehidupan damai di Buton Selatan yang sejak lama telah mengenal konsep demokrasi sejak era Kesultanan Buton.

Kekayaan tenun Buton juga akan mendapat tempat tersendiri di panggung Buton Selatan Festival melalui fashion show tenun. Berkolaborasi dengan desainer yang karyanya telah mewarnai catwalk bergengsi nasional di ajang Indonesia Fashion Week dan negara tetangga.

Sedang ajang pemilihan duta wisata adalah untuk menemukan potensi generasi muda Buton Selatan yang kenal budaya mereka sekaligus berwawasan. Sekaligus menjadi duta dan wajah Buton Selatan dalam berbagai kegiatan promosi pariwisata.

Buton Selatan Festival 2019 diharapkan dapat menjadi jendela untuk melihat lebih dekat keragaman budaya serta keindahan alam Kabupaten Buton Selatan. Inilah upaya pemerintah Kabupaten Buton Selatan untuk ambil bagian dalam upaya merawat Indonesia, melalui pelestarian adat dan budaya lokal. (adm)

Facebook Comments