Semarak Buton Selatan Festival Resmi Ditabuh

Semarak Buton Selatan Festival Resmi Ditabuh saat menghadiri pembukaan Buton Selatan Festival (BSF). (FOTO Syahrir)

BATAUGA, Rubriksultra.com- Semarak Buton Selatan Festival (BSF) resmi ditabuh Plt Bupati Buton Selatan (Busel, H. La Ode Arusani, Jum’at 29 November 2019.

Berbagai ritual adat akan disuguhkan dalam festival perdana ini. Tujuannya mengangkat potensi daerah ke mata dunia.

- Advertisement -

“Festival ini adalah langkah awal mengekspose potensi pariwisata, budaya, perikanan dan kelautan yang kita miliki,” katanya.

Menurutnya, Busel menyimpan berbagai ragam keunikan pariwisata bawah laut, kemaritiman dan budaya. Namun semua itu belum terpublikasi secara maksimal.

Olehnya itu, potensi pariwisata budaya, perikanan dan kelautan ini harus lebih digenjot lagi kedepan. Diharapkan dapat menunjang pembangunan disegala sektor yang ada di Buton Selatan

“Dengan festival yang ditunjang berbagai potensi yang melimpah ini, saya yakin Buton Selatan ini akan lebih maju,” katanya.

Plt Bupati Busel, H La Ode Arusani yang hadir langsung membuka acara didampingi Ketua DPRD Busel La Ode Armada, Sekda Busel La Siambo, Kapolres Buton, para kepala OPD, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan ASN lingkup Pemkab Busel.

Pembukaan diawali dengan persembahan tari Kadepo. Filosofi tari ini menceritakan warga pesisir laut Busel dalam menangkap ikan menggunakan peralatan tradisional.

Tari Kadepo ini diketahui diperagakan pelajar putri SMP Neger 1 Sampolawa, Kabupaten Busel.

Pembukaan Buton Selatan Festival ini juga dimeriahkan dengan doa bersama dan parade laut kapal nelayan Busel (Kapal boti atau lambo yang dihias) di perairan laut Laompo.

Untuk opening ceremony Buton Selatan Festival dijadwalkan akan digelar nanti malam yang dipusatkan di Lapangan Lakarada, Batauga. Kegiatan BSF ini akan digelar selama tiga harisejak 29 November hingga 1 Desember 2019. (adm)

Penulis : Syahrir

Facebook Comments
Baca Juga :  La Ode Budiman Kembali Ditunjuk jadi Pj. Bupati Busel