Pemulihan Pasca Bentrok di Buteng, Kodim 1413 Buton Turun Tangan

Tampak anggota TNI masih bersiaga dilokasi bentrok antar dua wilayah di Kabupaten Buton Tengah. (FOTO ISTIMEWA)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan menegaskan siap menambah personil untuk membantu pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Utamanya membantu merehabilitasi sejumlah rumah warga yang menjadi korban bentrok antar dua wilayah di Buteng beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

“Guna tahap rehabilitasi rumah pasca kejadian kemarin, kita akan tambahkan personil,” kata Letkol Inf Arif Kurniawan saat dikonfirmasi beberapa awak media, Rabu 4 Desember 2019.

Namun untuk jumlah tambahan personil ini, Ia belum bisa merinci. Sebab masih menunggu kesiapan pemerintah setempat.

“Intinya kita siap tambah personil, tapi untuk jumlahnya kita masih menunggu dari pihak Pemda Buteng,” katanya.

Kata dia, situasi dua wilayah antara Desa Wadiabero, Kecamatan Gu dan Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangiawambulu yang sebelumnya terlibat bentrok kini sudah kondusif. Aktifitas masyarakat sudah berjalan normal.

“Alhamdulillah sudah normal, masyarakat sudah mulai beraktifitas di pasar seperti sebelumnya dan anak-anak sudah mulai bersekolah kembali,” katanya.

Pun demikian, Kodim 1413 Buton masih menyiagakan 45 personil TNI dilokasi tersebut. 45 Personil ini dibagi dalam tiga posko.

Posko pertama terletak di masjid Dusun Potoa Desa Wadiabero, posko kedua di masjid Baruta Lestari dan posko ketiga di pasar Wadiabero sebagai Pos Komando Taktis (Poskotis) Kodim 1413 Buton.

“Masing-masing posko kita siagakan 15 personil. Ditambah dengan Polres Baubau dan Brimob Batauga sebanyak 71 personil, jadi seluruhnya berjumlah 116 personil,” tandasnya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Pj Bupati Buteng Ajak Kerukunan Keluarga Wadiabero-Haiya Bersama Bangun Daerah