Pemkab Buton Gelar Berbagai Lomba Meriahkan HKN

57
Peserta HKN ke-55 Kabupaten Buton. (FOTO ISTIMEWA)

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Buton menggelar berbagai lomba dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55. Giat difokuskan di lapangan sepak bola Desa Kondowa, Kecamatan Pasarwajo, Kamis 19 Desember 2019.

Berbagai lomba tersebut antara lain lomba Karaoke, lomba senam peregangan kreasi daerah, jalan santai, lomba sajian kuliner sayur dan buah, pemeriksaan kesehatan, cek kebugaran, dan pemberian penghargaan desa Open Defecation Free (ODF).

HKN tahun 2019 mengangkat tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. HKN kali ini juga diselingi kampanye pencegahan Stunting.

Hal itu terlihat dari baju panitia berikut peserta jalan santai yang bertuliskan “Cegah Stunting, Itu Penting”.

Peserta jalan santai dilepas Bupati Buton, Drs La Bakry didampingi Ketua TP PKK, Ny. Delya Montolalu La Bakry dan pengurus TP PKK dan dharma wanita lainnya.

“Peringatan HKN 2019 ini digelar dengan beberapa kegiatan. Diikuti semua Puskesmas lingkup Pemkab Buton. Selain lomba, kita sisipkan juga dengan poster-poster pencegahan stunting,” kata Plt. Kadis Kesehatan, H. Djufri di sela-sela acara.

Tujuan HKN untuk mengingatkan masyarakat untuk memprioritaskan upaya pencegahan dan menggalakkan serta melembagakan Germas. Masyarakat diharap semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat.

“Serta melakukan gerakan hidup sehat, baik dalam lingkungan keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya,” katanya.

Sejumlah lomba yang digelar cukup menyita perhatian. Ribuan masyarakat terlihat memadati lapangan Kondowa untuk mengikuti lomba jalan sehat yang menyediakan door prize dan lomba-lomba lainnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Bupati Buton Hadiri Rakornas Investasi 2020