Dinas Pendidikan Buton Dapat Jatah DAK Terbesar di Sultra

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, Harmin.

PASARWAJO, Rubriksultra.com- Dinas Pendidikan Kabupaten Buton mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 52 miliar tahun 2020. Nilai ini diklaim yang terbesar bila dibandingkan daerah lain di cakupan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Pendidikan Buton, Harmin mengatakan, jumlah ini jauh lebih besar dari tahun sebelumnya. Pada 2018, DAK yang diperoleh hanya senilai Rp 11 miliar dan pada 2019 sebesar Rp 37 miliar.

- Advertisement -

“Alhamdulillah pada tahun 2020 dari 17 daerah di Sultra, kami yang memperoleh DAK terbesar,” katanya.

Dengan jumlah DAK yang terbilang fantastis ini, maka pemerintah daerah bisa menata kebutuhan pendidikan yang belum memadai. Nantinya, dana ini akan dialokadikan untuk pembangunan fisik seperti rehabilitasi gedung sekolah, pembangunan gedung baru, pagar dan perpustakaan sekolah.

Tak ketinggalan juga untuk kegiatan non fisik. Sasarannya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) baik tenaga pendidik maupun siswa.

“Sebelum mendapatkan DAK ini, kami sebelumnya telah melakukan pengusulan program ke pemerintah pusat. Alhamdulillah diamini untuk pembiayaan pendidikan pada 2020 nanti,” katanya. (adm)

Penulis : Afrizal

Facebook Comments
Baca Juga :  Buton Mulai Kondusif, 81 Orang Terduga Pelaku Pembakaran Diamankan Petugas