AS Tamrin Terpilih Sebagai Calon Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat

Ketgam : Suasana penjurian di PWI Pusat (Foto: Wina PWI Pusat)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Wali Kota Baubau, AS Tamrin terpilih sebagai calon penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020. Orang nomor satu di Baubau ini, masuk dalam daftar 10 nama kepala daerah yang dipilih dewan juri saat seleksi di kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers Lantai 4, Jl. Kebon Sirih No. 34 Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2019).

Adapun 10 Kepala Daerah yang terpilih masing-masing Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy.

- Advertisement -

Bupati Tubaba, Umar Ahmad, Bupati Halmahera Barat, Danny Missy, Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, Bupati Luwu Utara, Hj. Indah PutriIndriani, Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah dan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani.

Panitia Pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI Pusat, Yusuf Susilo Hartono, menjelaskan dewan juri yang melakukan seleksi terdiri dari Nungki Kusumastuti (penari, artis film, Dosen Institut Kesenian Jakarta selaku ketua merangkap anggota), Ninok Leksono (Kompas/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Agus Dermawan T (pengamat seni-budaya, penulis buku), Atal S.Depari (Ketua Umum PWI Pusat) dan Yusuf Susilo Hartono (pelukis, wartawan senior, Pengurus PWI Pusat).

“Kegiatan tersebut digelar PWI Pusat bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI),” ujarnya.

Dikatakan 10 kepala daerah calon peraih Anugerah Kebudayaan dipilih dari 19 Bupati dan 11 Walikota dari 18 provinsi yang mengirim proposal. Adapun ke 10- Bupati/Walikota tersebut, mewakili tiga kategori daerah yang ada di dekat wilayah ibukota Negara RI, dekat ibukota provinsi, dan daerah yang jauh dari ibu kota provinsi.

Penilaiannya Anugerah Kebudayaan PWI Pusat menitikberatkan pada aspek bentuk dan isi proposal yang meliputi tata visual dan bahasa, teknik penyajian, yang terdiri dari pilihan judul/program, profil daerah dan bupati/walikota, pemanfaatan media massa/sosial, landasan peraturan daerah, kebijakan program dan strategi inovasi, serta aspek pendukung berupa SDM, anggaran, hingga infrastruktur.

Baca Juga :  Semester Pertama, BP Jamsostek Baubau Bayar Klaim Rp 16,6 Miliar

Yusuf Susilo Hartono menambahkan seluruh kepala daerah yang meraih penghargaan tersebut, nantinya akan diundang ke Jakarta, tanggal 8-9 Januari 2020, untuk presentasi di depan dewan juri dan tanya jawab pendalaman proposal.

Hal itu merupakan babak akhir, sebelum para kepala daerah menerima penghargaan pada acara puncak HPN 2020 di Banjarmasin, pada Februari 2020 mendatang. (***)

Facebook Comments