Jaring Aspirasi, Wali Kota Baubau Dialog dengan Masyarakat

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin berpose bersama Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Ketua DPRD Baubau, H. Zahari, Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar dan segenap tokoh masyarakat. (FOTO SUTIANA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin menjaring aspirasi lewat dialog atau audiensi dengan tokoh masyarakat, pimpinan serta anggota organisasi sosial dan kemasyarakatan di tribun Kotamara, Sabtu 28 Desember 2019.

Dialog turut dihadiri Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Ketua DPRD Baubau, H. Zahari, Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, Sekda Baubau, Dr Roni Muhtar dan segenap kepala OPD lingkup pemkot Baubau.

- Advertisement -

“Pertemuan ini hanya cerita ringan sebetulnya, sekaligus menampung aspirasi kalau ada keluhan dari masyarakat secara langsung. Utamanya menyikapi suasana tahun baru, keamanan dan stabilitas daerah,” kata Dr AS Tamrin usai dialog.

Selain itu, pertemuan juga sebagai penyambung rasa dengan ketua RT dan RW. Menurutnya, merekalah yang paling tahu keadaan masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“Supaya bisa bersama menjaga kemanan dan stabilitas kedamaian. Kalau ditingkat RT sudah aman maka tentu daerah juga akan aman. Tapi kalau disana rusuh disana rese, maka pusing juga pihak keamanan,” katanya.

Pertemuan juga bertujuan sebagai upaya preventif atau pencegahan awal. Pemerintah daerah bisa mengingatkan melalui lurah turun ke RT dan RW agar meredam perselisihan ditengah masyarakat.

Selain keamanan dan stabilitas daerah, Dr AS Tamrin juga mengingatkan mengenai bahaya kebakaran. Juga mengenai berita-berita hoaks yang perlu difilter masyarakat sebelum membagikan ke media sosial.

“Jangan main hantam kirim-kirim saja. Sekarang ada UU IT, olehnya jangan hanya mengirimkan informasi dari salah satu pihak yang menimbulkan ketersinggungan orang. Saring sebelum membagikan,” katanya.

Doktor jebolan IPDN Jatinangor ini juga menyinggung dunia pendidikan. Ia berharap guru dan orang tua bisa bersinergi serta bertanggung jawab bersama menciptakan pendidikan berkualitas bagi anak generasi.

Baca Juga :  Jalan By Pass Kembali Dilanjutkan, Disuntik APBN Rp 6 Miliar

“Jangan saling berharap. Seluruh lapisan harus tersistem. Kita harapkan generasi muda menjadi estafet generasi sebelumnya yang dibekali dengan niat baik untuk membangun daerah dan bangsa,” katanya.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari sangat mengapresiasi pertemuan ini. Menurutnya, kegiatan seperti inii akan membuka ruang informasi yang berimbang.

“Salah satunya dengan membuka saluran komunikasi seperti ini,” katanya.

Kata dia, ada beberapa masukan yang perlu ditindaklanjuti sebagai aspirasi dari masyarakat. Utamanya terkait penggunaan media sosial yang tidak semestinya, kejahatan konvensional, hingga maraknya aksi terorisme.

“Ini perlu disikapi dengan baik. Termasuk ada beberapa titik maraknya balap liar dan peredaran miras tanpa izin yang menjadi pemicu terjadinya tindak kejahatan konvensional ataupun modern,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments