Sambangi Baubau, Ketua Bawaslu RI Verifikasi Calon PAW Almarhumah Wa Ode Frida

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Abhan berpose bersama didampingi Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar di Rujab Wali Kota Baubau, Sabtu 4 Januari 2019. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Abhan menyambangi Kota Baubau. Ia diterima Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar di Rujab Wali Kota Baubau, Sabtu 4 Januari 2019.

Kedatangannya bertujuan untuk memverifikasi calon Pengganti Antarwaktu (PAW) salah satu Anggota Bawaslu Baubau yang telah meninggal dunia, Almarhumah Wa Ode Frida Vivi Oktavia.

- Advertisement -

“Ada dua agenda kami kesini. Pertama untuk verifikasi calon PAW karena kemarin salah satu anggota Bawaslu Baubau meninggal dunia sehingga kami harus segera isi,” katanya.

Pengisian tentunya melalui verifikasi ketat. Terdapat tiga nama calon PAW yang akan diverifikasi berdasarkan hasil tes pengisian komisioner Bawaslu Baubau sebelumnya.

“Jadi kami akan undang tiga-tiganya. Kami akan lihat siapa yang masih memenuhi syarat dan siapa yang terpilih dari tiga pilihan ini,” katanya.

Verifikasi yang dimaksud yakni melihat keterpenuhan syarat anggota. Terpenting tidak terlibat dengan partai politik atau tidak menjadi peserta pada pemilu 2019 lalu.

Hasil verifikasi akan dibawa ke Jakarta secepatnya. Ia menargetkan calon PAW sudah ada pada Januari ini.

“Mudah-mudahan Januari ini selesai karena ada juga hal serupa di provinsi lain. Ada anggota Bawaslu yang diterima di KPU, ada yang meninggal dunia dan ada pula yang mengundurkan diri,” katanya.

Setelah tiga anggota Bawaslu Baubau lengkap, maka pihaknya akan memberikan arahan untuk menggelar pleno pemilihan ketua.

“Sesegera mungkin akan kami sampaikan untuk pleno,” katanya.

Agenda kedua, kata dia, adalah rapat koordinasi dengan tujuh kabupaten kota yang akan menggelar pilkada 2020 di Sultra untuk mempersiapkan pengawasan. Mulai dari data pemilih hingga pengawasan verifikasi calon perseorangan.

“Teman-teman anggota Bawaslu yang melakukan pilkada ini akan kami bekali,” katanya.

Baca Juga :  Soal Pelantikan Monianse, Zahari: Kita akan Pastikan di Kemendagri

Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar menyambut baik kedatangan Ketua Bawaslu RI, Abhan beserta rombongan. Kata dia, sebagai tuan rumah maka wajib memfasilitasi tamu yang datang ke Baubau.

“Sehingga keberadaan rombongan selama di Baubau dan apa yang menjadi agendanya lancar dan tertangani dengan baik. Semua bisa selesai dengan waktu yang direncanakan,” katanya.

Menurutnya, kedatangan rombongan menjadi suatu kesyukuran bagi masyarakat Baubau. Utamanya untuk segera mengisi kekosongan meski Baubau belum menggelar pilkda.

“Namanya lengkap itu lebih baik,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments