Sempat Terbengkalai, Pemkot Baubau Segera Fungsikan Kembali Pasar Ikan Wameo

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar saat meninjau lokasi pasar Wameo bersama instansi teknis, Rabu 15 Januari 2020. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Pedagang ikan di pasar Wameo yang kini menggunakan trotoar untuk berjualan segera ditertibkan. Pemerintah Kota Baubau akan memfungsikan kembali gedung pasar ikan yang sempat terbengkalai pasca diterjang angin kencang pada 2017 lalu.

Sinyal pengaktifan kembali gedung pasar ikan Wameo ini diutarakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar saat meninjau lokasi pasar Wameo bersama instansi teknis, Rabu 15 Januari 2020.

- Advertisement -

Dr Roni Muhtar menjelaskan, peninjauan pasar ini merupakan lanjutan hasil rapat bersama. Tujuannya untuk mencari cara terkait penataan dan penertiban pedagang pasar Wameo yang sudah banyak menggunakan trotoar jalan.

Akibatnya arus lalu lintas terganggu. Terlebih menambah kesemrawutan dan ketidaknyamanan dalam beraktifitas di pasar Wameo.

“Nah, kebetulan pasar ikan ini sudah selesai. Jadi pedagang ikan yang gunakan jalan akan kita kembalikan ke pasar ikan yang sudah selesai itu, ketempat semula dan seharusnya,” katanya.

Begitu pula beberapa gedung pasar lain yang sudah terbangun. Pedagang yang sebelumnya direlokasi akan dikembalikan ke tempat semula.

“Penertiban dalam waktu dekat ini. Besok akan kita rapatkan lagi dengan para penjual yang sudah lama keluar selama renovasi dilakukan. Insya Allah setelah penertiban maka pasar Wameo akan lebih baik lagi kondisinya,” katanya.

Kepala PD Pasar Wameo, Rasyid menegaskan seluruh pedagang ikan sebelum renovasi akan tertampung. Begitu pula beberapa penjual sayur dibeberapa titik di gedung pasar ikan.

“Ada 76 tempat untuk pedagang ikan dalam gedung itu. Insya Allah semua bisa tertampung,” katanya.

Kata dia, gedung pasar ikan dikecualikan untuk pedagang dari luar daerah. Sebab mereka sudah dibuatkan tempat khusus di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wameo.

“Bukan kami melarang tapi mereka sudah ada tempat khusus di pelelangan supaya harga ikan bisa stabil. Jangan mereka menjual secara partai di pelelangan lalu mengecer lagi didalam pasar,” katanya.

Baca Juga :  Pilkada 2020 di Sultra, Ketua Bawaslu RI Larang Petahana Mutasi Pegawai

Salah satu pedagang ikan, Edy Donggeng Daeng Ngasa menyambut positif langkah Pemkot Baubau itu. Menurutnya, kondisi pasar ikan Wameo saat ini sudah sangat tidak beraturan.

“Secara pribadi saya dukung. Kami siap meski hari ini dipindahkan,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments