Tebing Walando Indah, Destinasi Wisata Baru di Buteng

Bupati Buton Tengah, H. Samahuddin didampingi Wakil Bupati Buteng, La Ntau saat meresmikan spot wisata Tebing Walando Indah, Kamis 16 Januari 2020. (FOTO ISTIMEWA)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com– Satu lagi destinasi wisata baru yang bisa anda jajaki ketika berkunjung di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Tebing Walando Indah (TWI) namanya.

TWI menyajikan nuansa alam yang indah. Tentu saja, destinasi ini sayang sekali bila anda lewatkan.

- Advertisement -

Spot wisata yang dibangun diatas tebing Desa Walando, Kecamatan Gu ini baru saja diresmikan Bupati Buton Tengah, H. Samahuddin didampingi Wakil Bupati Buteng, La Ntau, Kamis 16 Januari 2020.

Bupati Buton Tengah, H. Samahuddin sangat bangga dengan inovasi yang dilakukan Kepala Desa Walando. Menurutnya, inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Ini sangat luar biasa karena dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Selain itu, spot wisata baru ini dapat meningkatkan pendapatan asli desa. Terlebih mengangkat nama Buteng karena TWI dibangun dengan kesan unik diatas tebing.

Kata dia, segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia bisa dimaksimalkan menjadi daya tarik wisatawan.

“Saya harap inovasi seperti ini bisa dicontoh desa lainnya,” katanya.

Kepala Desa Walando, Mursidi mengatakan, Tebing Walando Indah dibangun menggunakan Dana Desa (DD). Pembangunan dilakukan bertahap mulai 2018 dan selesai pada 2019 lalu.

Sebelum diresmikan, Mursidi mengaku telah melakukan ujicoba. Hasilnya, pendapatan bersih yang diperoleh mencapai Rp 8 juta sehari.

“Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Utamanya untuk meningkatkan PAD kami,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri

Facebook Comments
Baca Juga :  Jelang Kasebu Cup Wasilomata, Samahuddin: Tetap Perhatikan Prokes