Fajar Ishak Bakal Luncurkan Aspirasi Berbasis Online

Suasana reses masa sidang I Anggota DPRD Sultra, Fajar Ishak Daeng Jaya bersama masyarakat di Kelurahan Lanto, Kota Baubau, Minggu 2 Februari 2020. (FOTO SUKRI)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Anggota DPRD Provinsi Sultra, Fajar Ishak Daeng Jaya mengaku tengah merancang sebuah aplikasi online. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa melaporkan aspirasi kepada dirinya setiap saat.

Rencana tersebut diungkapkan anggota dewan Dapil IV Sultra ini dihadapan warga saat menggelar reses masa sidang I di Kelurahan Lanto, Kota Baubau, Minggu 2 Februari 2020.

- Advertisement -

Saat ini aplikasi tersebut masih dalam proses. Nantinya aplikasi akan masuk dalam gadget melalui perpanjangan tangan yang telah Ia tunjuk di tiap kelurahan atau desa di Dapil IV Sultra.

“Nah, masyarakat nantinya akan difasilitasi oleh mereka untuk memasukan aspirasi, kalau perlu setiap saat,” katanya.

Bentuk aspirasi bisa berupa keluhan ataupun usulan. Bila aspirasi dalam bentuk keluhan, maka pada saat yang bersamaan pula, keluhan itu akan diteruskan ke Pemerintah Provinsi Sultra untuk ditindaklanjuti.

Sekretaris Komisi IV DPRD Sultra ini menjelaskan, aplikasi ini akan mendekatkan jarak antara dirinya dengan masyarakat. Termasuk memangkas waktu dalam menjaring aspirasi.

“Khan kalau hanya memanfatkan reses saat tampung aspirasi masyarakat maka akan lama. Reses itu dilaksanakan tiga bulan sekali tiap masa sidang,” katanya.

Sementara masyarakat membutuhkan perhatian cepat dari perwakilannya. Olehnya, aplikasi ini coba dihadirkan untuk merekam aspirasi masyarakat kapanpun dan dimanapun.

Legislator Hanura ini mengatakan, aplikasi tersebut akan terkonek dengan legislator Hanura lainnya di DPRD kota/kabupaten. Dengan begitu, aspirasi yang masuk akan dipilah sesuai kewenangan masing-masing.

“Nanti tinggal dilihat muatan aspirasinya, mana yang menjadi kewenangan DPRD kota/kabupaten dan mana yang provinsi. Intinya, setiap aspirasi akan kita teruskan ke pemerintah begitu masuk dalam aplikasi,” katanya.

Pun begitu, Fajar Ishak belum memberi nama aplikasi tersebut. Sebab saat ini masih dalam proses.

Baca Juga :  Benteng Keraton Buton Masuk Tiga Besar API Award 2021

“(Nama) aplikasinya nanti akan kita launching setelah semua selesai. Masih terlalu pagi jika kita beri nama sekarang,” kata mantan Anggota DPRD Kota Baubau ini.

Ia pun belum menjanjikan apakah aplikasi ini akan berjalan efektif. Namun menurutnya, aplikasi ini merupakan solusi yang terbaik.

“Bila pun ada kendala maka kita akan lakukan terus perbaikan,” katanya.

Pantauan Rubriksultra.com, terdapat beberapa aspirasi warga dalam giat reses itu. Mulai dari permintaan sumur bor, perbaikan drainase, bantuan kapal bodi untuk nelayan, lampu jalan dan beberapa aspirasi lainnya.

Aspirasi inipun telah dicatat Anggota DPRD Sultra, Fajar Ishak DJ untuk ditindaklanjuti. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments