Baubau Dilirik Jadi Pelabuhan Khusus Pemeriksaan Imigrasi Impor Minyak

737
Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin saat berdiskusi bersama Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Cucu Koswala didampingi Manager Area Pertamina wilayah Sulawesi, Yada Prawira Ganta, rombongan Kanwil Kemenhumham Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Kepala TBBM Terminal Pertamina Baubau, Abdul Rahman di Terminal TBBM Baubau, Senin 17 Februari 2020. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Kota Baubau menjadi salah satu wilayah yang dianggap paling strategis. Tak heran bila Kota Baubau dilirik untuk pembangunan pelabuhan khusus tempat pemeriksaan imigrasi untuk kapal impor minyak dari luar negeri khususnya dari Singapura ke Sulawesi.

Rencana pembangunan pelabuhan khusus itu dibahas dalam pertemuan antara Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin bersama Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Cucu Koswala didampingi Manager Area Pertamina wilayah Sulawesi, Yada Prawira Ganta, rombongan Kanwil Kemenhumham Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Kepala TBBM Terminal Pertamina Baubau, Abdul Rahman di Terminal TBBM Baubau, Senin 17 Februari 2020.

Selain membahas rencana pembangunan, tim juga melakukan peninjauan langsung lokasi pembangunan pelabuhan khusus itu.

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mendukung sepenuhnya rencana tersebut. Apalagi menurutnya, Kota Baubau termasuk daerah yang strategis.

“Dari aspek geografis, Kota Baubau merupakan jalur perlintasan dan termasuk daerah yang aman dari gangguan ombak. Makanya kita sangat mendukung sepenuhnya,” katanya.

Orang nomor satu di Baubau ini menilai terminal TBBM Baubau tepat dijadikan sebagai pusat tempat pemeriksaan keimigrasian. Sebab saat meninjau langsung ke lapangan, mekanisme kerja di fuel terminal pertamina di Baubau ini sudah sangat memadai dan menjalankan regulasi dengan mematuhi SOP.

“Kami berharap hal ini bisa terealisasi agar pelayanan pertamina untuk area Sulawesi bisa meningkat. Karena terminal depot Baubau ini bisa melayani Indonesia di bagian timur dan termasuk masalah regulasinya,” katanya.

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Cucu Koswala mengatakan, imigrasi adalah salah satu fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat. Imigrasi berperan untuk memberikan kemudahan perijinan bagi awak-awak kapal yang membawa minyak dari luar negeri.

“Jadi nanti selanjutnya akan ditangani oleh teman-teman dari kantor imigrasi Kota Baubau. Mudah-mudahan hasil peninjauan nanti bisa kami proses, dalam waktu dekat kami akan terbitkan keputusan dari bagian imigrasi untuk penentuan terminal kapal pertamina Baubau ini sebagai tempat pemeriksaan imigrasi pelabuhan khusus,” katanya.

Baca Juga :  Siaga Kunjungan Jokowi, Satpol PP Baubau Terjun Kekuatan Penuh

Manager Area Pertamina wilayah Sulawesi, Yada Prawira Ganta menambahkan, untuk penempatan lokasi pelabuhan khusus tempat pemeriksaan imigrasi saat ini sedang dalam proses. Masih dibutuhkan diskusi lebih lanjut yang lebih detail bersama imigrasi.

“Pertamina bersama wali kota dan imigrasi mencari cara agar pelayanan distribusi BBM ini lebih baik, lancar dan efisien. Dan semoga dengan begini Kota Baubau bisa berkembang menjadi kota yang semakin baik, smart, dan efisien,” katanya. (adm)

Facebook Comments