Pendaftaran Jalur Perseorangan Pilbup Wakatobi Dibuka Hari Ini

WAKATOBI, Rubriksultra.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi mulai membuka penerimaan berkas syarat dukungan perseorangan atau jalur independen bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi. Berdasarkan jadwal, penerimaan berkas dibuka mulai hari ini, Rabu 19 Februari 2020.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Wakatobi, Ahmad Soni mengatakan, jadwal tersebut sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan.

- Advertisement -

“Penyerahan syarat dukungan bakal calon perseorangan di KPU itu dimulai 19 hingga 23 Februari 2020,” kata Ahmad Soni di Wangi-Wangi.

Ahmad Soni menjelaskan, Kabupaten Wakatobi adalah satu dari tujuh kabupaten/kota di Sultra yang akan melaksanakan pilkada serentak pada 23 September 2020 mendatang. Seluruh kelengkapan sebagai syarat mutlak sudah dipersiapkan.

“Kami sudah bentuk mulai dari kelompok kerja, termasuk helpdesk penerimaan dokumen syarat dukungan bakal calon perseorangan,” katanya.

Penyerahan dokumen dukungan dimulai pukul 8.00 Wita hingga 16.00 Wita. Pada hari terakhir pendaftaran yakni pada 23 Februari dimulai dari pukul 8.00 Wita hingga 24.00 Wita.

Menurut Ahmad Soni, sejak penyerahan syarat calon perseorangan diumumkan pada 3 hingga 16 Desember 2019 lalu, hingga saat ini belum ada bakal calon perseorangan atau LO bakal calon perseorangan yang datang berkonsultasi di KPU Wakatobi.

“Sejak diumumkan penyerahan syarat dukungan, belum ada perwakilan balon datang konsultasi atau meminta password dan username. Karena surat pernyataan dukungan (B1-KWK Perseorangan) harus terlebih dahulu di input di Silon (Sistem Informasi Pencalonan),” ucapnya.

Meskipun belum ada perwakilan balon perseorangan yang datang berkonsultasi, namun pihaknya akan tetap stay setiap jam kerja berdasarkan aturan dan jadwal yang ada.

Baca Juga :  Kemenhub Gelontorkan Ratusan Milyar Kembangkan Dermaga di Wakatobi

“Sesuai dengan tahapan, KPU Kabupaten Wakatobi tetap stay mulai dari kesiapan personil, jaringan IT sampai hingga kebutuhan administrasi semua sudah ready. Ini juga membuktikan bahwa KPU Kabupaten Wakatobi sudah sangat siap melaksanakan seluruh tahapan,” tutupnya. (adm)

Peliput: Kurniawati

Facebook Comments