Disdukcapil Baubau Rencana Pindah Kantor di Palagimata

Kantor Disdukcapil Baubau yang baru dibangun pada 2019 lalu di jalan raya Palagimata. Rencana akan difungsikan Agustus 2020 mendatang. (FOTO SUKRI)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau berencana pindah kantor ke bilangan jalan raya Palagimata. Bila tak ada aral melintang, rencana tersebut akan dilaksanakan Agustus 2020.

Kepala Disdukcapil Baubau, Arif Basari mengatakan, pembangunan kantor baru Disdukcapil Baubau di kawasan Palagimata sudah selesai. Bahkan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah melakukan pemeriksaan pada awal Februari lalu.

- Advertisement -

“Setelah pemeriksaan maka ada proses pemeliharaan selama enam bulan. Nah, kita perkirakan Agustus sudah bisa pindah, khan enam bulan setelah pemeliharaan baru kita bisa masuk,” kata Arif Basari di ruang kerjanya, belum lama ini.

Kata dia, sebelum memasuki kantor baru maka hal paling utama adalah mengatur tata letak pelayanan. Sebab Disdukcapil adalah kantor yang mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

Mantan Kabag Tata Pemerintahan Setda Baubau ini menjelaskan, tata letak kantor akan dibuat mengadopsi tata letak kantor Disdukcapil Makassar. Sebisanya pelayanan akan dibagi dalam beberapa loket.

“Kita atur untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Target kita melakukan penataan seefisien mungkin agar kantor Disdukcapil yang baru ini memberikan pelayanan yang nyaman, tertib dan efektif,” katanya.

Begitu pula ketersediaan jaringan. Arif Basari mengaku sudah berkoordinasi dengan Telkomsel.

“Kalau tidak ada jaringan maka tidak bisa. Kita bisa masuk setelah lengkap semua termasuk listrik. Jaringan utamanya, karena pelayanan dokumen kependudukan tidak bisa berhenti dan seluruhnya sudah online saat ini,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments
Baca Juga :  Monianse Dorong Percepatan Vaksinasi Anak