Pemilihan Ketua Perbasi Baubau, 16 Club Boleh Usung Calon

Aksal Sumera

BAUBAU, Rubriksultra.com– Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Baubau berencana menggelar musyawarah pemilihan ketua periode 2020-2024. Pendaftaran calon ketua mulai dibuka terhitung Senin 16 Maret hingga 21 Maret 2020 mendatang.

Ketua Panitia Musyawarah, Askal Sumera mengatakan, terdapat 16 club atau perkumpulan basket yang ada di Kota Baubau yang masih eksis. Berdasarkan kesepakatan, 16 club ini boleh mengusulkan nama calon ketua.

- Advertisement -

“Jadi terkait calon ketua, hanya yang diusung oleh club yang dapat dicalonkan,” kata Aksal via telepon selulernya, Senin 16 Maret 2020.

Kata Askal, persyaratan berikut waktu pendaftaran telah disampaikan kepada masing-masing club. Untuk calon ketua yang diusung tidak terbatas baik Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun pejabat publik.

“Terpenting calon yang diusung adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP (Domisili Kota Baubau),” katanya.

Selain itu, calon ketua tidak merangkap sebagai anggota atau pengurus cabang olahraga kota atau kabupaten dan atau pengurus Perbasi kota atau kabupaten lainnya yang dibuktikan dengan menandatangani surat pernyataan tidak sebagai pengurus atau anggota cabor lainnya.

Melampirkan surat persejutuan sebagai bakal calon Ketua Perbasi dari perkumpulan basket atau club di Kota Baubau dan melampirkan surat pernyataan menjalankan kepengurusan Perbasi Kota Baubau dengan aktif hingga akhir masa bakti.

“Termasuk melampirkan visi dan misi bakal calon ketua,” katanya.

Askal menjelaskan, bila masing-masing club mengusulkan calon, maka bisa jadi ada 16 figur yang akan bertarung. Namun, ke-16 figur ini bisa saja sebagian gugur karena harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan bersama.

Bila kedepan figur yang memenuhi syarat lebih dari satu maka akan dilaksanakan voting. Ia pun berharap pemilihan nantinya bisa menjadi pemilihan yang demokratis untuk memajukan olahraga khususnya basket di Kota Baubau.

Baca Juga :  Dua Warga Baubau Terklarifikasi Sebagai OTG dan ODP, Ini Penjelasan Gugus Tugas

Askal menambahkan, pemilihan direncanakan akan dihelat pada 25 Maret 2020. Ia berharap jadwal ini tidak molor. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments