Wabah Corona, AS Tamrin Minta Tokoh Lintas Agama Doakan Baubau

Suasana rapat mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Baubau, Sabtu 21 Maret 2020 malam. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Wali Kota Baubau, Dr.H AS Tamrin meminta tokoh lintas agama di Kota Baubau untuk memanjatkan doa agar masyarakat Baubau terhindar dari segala macam wabah penyakit. Utamanya dari virus Corona maupun penyakit lainnya.

Permintaan ini Ia sampaikan saat memimpin rapat mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Baubau, Sabtu 21 Maret 2020 malam.

- Advertisement -

Dalam rapat ini, Wali Kota Baubau, Dr.H AS Tamrin sepakat dengan MUI Kota Baubau mengenai masih dibolehkannya pelaksanaan salat Jum’at maupun ibadah lain sesuai dengan kepercayaan masing-masing dirumah ibadah. Sebab Baubau masih dalam posisi daerah hijau.

Namun Ia menitip pesan dan mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dan menjaga diri dari hal-hal yang bisa menimbulkan terjadinya penyebaran Covid-19.

Kata dia, untuk menangkal virus Corona atau Covid-19 yang menyebar dengan cepat maka terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Diantaranya menjaga kebersihan diri dan keluarga, menghindari tempat-tempat keramaian bila dirasa tidak terlalu penting dan meningkatkan kewaspadaan individu.

“Secara spritual, tokoh agama dapat menyampaikan beberapa langkah pencegahan virus ini melalui tempat ibadah masing-masing. Serta mendoakan kita semua agar terhindar dari wabah penyakit yang disebabkan virus Corona maupun penyakit lainnya,” katanya.

Dalam rapat ini turut hadir Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Ketua DPRD Baubau, Sekda Baubau selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau yang juga bertugas sebagai moderator, unsur Forkopimda, Ketua MUI Kota Baubau, Kepala OPD lingkup Pemkot Baubau serta tokoh lintas agama se-Kota Baubau.

SOP yang diterbitkan ini mengurai beberapa kegiatan penanganan Covid-19. Termasuk membagi tugas instansi yang menjadi penanggungjawab kegiatan yang dimaksud.

Baca Juga :  Wali Kota Baubau Apresiasi Layanan K-Polisi

Pertama kegiatan di Bandara Betoambari dan Pelabuhan Murhum khusus bagi penumpang yang datang. Terdapat lima penanggungjawab yakni dokter KKP bandara dan pelabuhan, BPBD Baubau, Dinas Kesehatan Baubau, RSUD Kota Baubau dan Puskesmas se-Kota Baubau.

Kedua kasus yang berasal dari laporan masyarakat. Penanggungjawab terdiri dari Puskesmas, Orang Dalam Pemantauan (ODP), dokter dan petugas survelains, RSUD Baubau, BPBD Baubau dan Dinas Kesehatan Baubau. (adm)

Facebook Comments