Pintu Masuk Buteng Dijaga Ketat

Suasana pemeriksaan suhu tubuh penumpang di pelabuhan Wamengkoli, Senin 23 Maret 2020. (FOTO ARIANTO)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pelabuhan Wamengkoli sebagai salah satu pintu masuk ke Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dijaga ketat dari penularan virus Corona (Covid 19). Setiap penumpang diperiksa menggunakan alat ukur suhu tubuh.

Tindakan preventif ini hasil kerjasama Puskesmas setempat bersama PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry.

- Advertisement -

Petugas Operasional PT.ASDP Pelabuhan Wamengkoli-Baubau, Safri Ahmad mengatakan, pemeriksaan sudah berjalan selama empat hari. Alat ukur yang digunakan yakni termometer inframerah atau termometer tembak.

“Pemeriksaan suhu tubuh ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang baru pulang dari luar daerah yang sudah terjangkit,” Safri Ahmad saat ditemui di pelabuhan wamengkoli, Senin 23 Maret 2020.

Dikatakan, ASDP dan Pelabuhan Wamengkoli menyiapkan tempat khusus apabila ditemukan ada masyarakat yang diduga terjangkit Corona.

Safri Ahmad menambahkan, sejauh ini pihaknya mendapatkan satu orang yang suhu tubuhnya diatas normal yakni 38 derajat keatas. Penumpang lalu diserahkan ke pihak puskesmas untuk dimintai data termasuk tempat tinggalnya.

Ia berharap pemeriksaan ini bisa mencegah penularan virus Corona masuk di wilayah Buton Tengah.

“Semoga tidak ada yang tertular Covid 19. Kami imbau kepada masyarakat agar tidak keluar rumah apabila tidak ada kebutuhan mendesak,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Buteng Anggarkan TPP ASN Rp 15 Miliar