Edukasi Warga Soal Corona, BPBD Buteng Sosialisasi Keliling

BPBD Buteng bersama kepolisian dan TNI melakukan sosialisasi keliling untuk penanganan dan pencegahan virus corona, Selasa 24 Maret 2020. (FOTO ARIANTO)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada warga mengenai virus mematikan ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buteng, Muhammad Yusuf mengatakan, sosialisasi dilakukan secara mobile atau keliling. Sosialisasi juga melibatkan Kepolisian dan TNI.

- Advertisement -

Tujuan sosialisasi keliling ini agar masyarakat memiliki pemahaman yang benar mengenai Corona. Sehingga timbul kesadaran dari dalam diri warga.

“Dengan begitu akan ada upaya dari masyarakat untuk mengindari dan mencegah penularannya,” kata Muhammad Yusuf kepada sejumlah awak media, Selasa 24 Maret 2020.

Sejumlah imbauan juga disampaikan dalam sosialisasi keliling ini. Diantaranya mengurangi atau tidak keluar dari rumah bila tak ada sesuatu yang penting.

Hindari kerumunan dan tak melakukan kontak langsung seperti bersalaman. Kosumsi makanan bergizi dan rajin minum air hangat 20 menit sekali.

“Daya tahan tubuh kita yang perlu dijaga, virus itu akan hilang dengan sendiri apabila daya tahan tubuh kita kuat,” katanya.

Selain itu, rajin cuci tangan menggunakan sabun anti septik. Setelah bepergian dan pulang ke rumah, sebaiknya terlebih dahulu cuci tangan atau bisa langsung mandi.

Khusus bagi warga yang baru pulang dari daerah terinfeksi, pihaknya memberikan imbauan untuk mengkarantina diri selama 14 hari.

Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan. Sebisanya seluruh kecamatan di Buteng akan disasar.

“Saat ini baru Kecamatan Lakudo dan Lombe. Tapi kita akan lanjutkan lagi sampai semuanya terjangkau,” katanya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Warga Restui Niat Samahuddin Bangun Gedung OPD di Langkomu