Sejumlah Pelabuhan Ditutup, Pelni Baubau Kembalikan Uang Tiket

Capt. A Sadikin

BAUBAU, Rubriksultra.com- Sejumlah pelabuhan di nusantara telah menutup aktifitas sementera untuk memutus penularan virus Corona. Atas Kondisi ini, PT. Pelni Cabang Baubau akan mengembalikan 100 persen uang tiket yang sudah terlanjur dibeli calon penumpang.

Kepala Cabang (Kacab) PT. Pelni Baubau, Capt. A Sadikin mengatakan, kebijakan ini dilakukan sehubungan dengan penutupan akses pelabuhan oleh pihak pemerintah sejumlah daerah terkait dengan masalah virus Corona.

- Advertisement -

Pelabuhan yang ditutup tersebut diantaranya pelabuhan Jayapura, Biak, Fak-fak, Agats, Serui, Kaimana, Labuan bajo, Timika, Larantuka, Dobo dan Nabire.

“Pelni melaksanakan kebijakan daerah setempat dengan menyetop operasi pelayaran kapal yang menuju ke pelabuhan tersebut mulai 26 Maret. Karena ini bukan kesalahan penumpang maka uang tiket digantikan 100 persen,” kata Capt. A Sadikin ditemui di ruang kerjanya, Jum’at 27 Maret 2020.

Kesempatan pengembalian uang tiket juga berlaku bagi calon penumpang yang hendak menuju pelabuhan Ambon, Sorong dan Manokwari.

Alasannya, meski ketiga daerah ini tetap membuka akses pelabuhannya, namun yang boleh turun dan diterima hanyalah warga daerah tersebut saja. Ini dibuktikan dengan KTP domisili daerah masing-masing.

“Jadi saat melakukan pembelian tiket ada form dari pemerintahan disana dan wajib diisi calon penumpang disini. Sehingga bagi KTP diluar daerah itu kita sarankan tidak usah berangkat, karena percuma, akan ditolak,” katanya.

“Himbauan ini untuk meneruskan dari apa yang menjadi permintaan dari daerah tujuan,” sambungnya.

Bagi warga non KTP di tiga daerah tersebut yang nekat ingin melakukan perjalanan dengan kapal Pelni walau telah dihimbau, maka segala resiko menjadi tanggungan si calon penumpang sendiri. Sebab Pelni tidak memiliki wewenang untuk melarang.

“Khan kita sudah ingatkan. Kalau dia ngotot, kita akan buatkan surat pernyataan bertanggung jawab sendiri,” katanya. (adm)

Baca Juga :  Besok, SK 80 Persen 135 CPNS Baubau Diserahkan

Penulis : Afrizal

Facebook Comments