Penyemprotan Disinfektan di Baubau, Satu Water Cannon dan Tiga Pemadam Dikerahkan

127
Wali Kota Baubau saat memberikan arahan kepada personil yang akan melakukan penyemprotan disinfektan di halaman polres Baubau, Selasa 31 Maret 2020. (FOTO SUKRI)

BAUBAU, Rubriksultra.com- Polres Baubau bersama Pemerintah Kota Baubau melakukan penyemprotan disinfektan serentak secara nasional. Satu unit Water Cannon dan tiga pemadam dikerahkan untuk menghujani 19 titik di Kota Baubau dengan disinfektan, Selasa 31 Maret 2020.

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin mengatakan, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya pencegahan penularan virus Corona (Covid-19). Penanganannya bergerak secara serentak dalam satu irama dan satu komando.

Olehnya, orang nomor satu di Baubau ini sangat berterima kasih atas instruksi Kapolri atas penyemprotan disinfektan serentak ini. Terkhusus Kapolres Baubau yang langsung melakukan langkah.

Kata dia, pemerintah daerah juga mendukung kegiatan ini. Sebab kebersamaan seperti ini menjadi salah satu moment untuk menunjukkan kepada masyarakat akan perhatian besar pemerintah untuk pencegahan wabah ini.

Selain penyemprotan disinfektan, Dr AS Tamrin menjelaskan sudah banyak hal yang juga terus dilakukan pemerintah daerah. Seperti sosialisasi melalui gugus tugas penanganan Covid-19 di Baubau.

“Diantaranya menjaga jarak dalam interaksi sosial, melakukan pengamanan di titik tertentu, menggemakan budaya hidup sehat dan lain sebagainya,” katanya.

Atas kekompakan ini, Dr AS Tamrin berharap kepada masyarakat juga untuk memunculkan kesadaran diri membantu pemerintah untuk mencegah dan memutus mata rantai virus ini.

“Karena betatapun pemerintah melakukan upaya kalau masyarakat acuh dan tidak perduli maka akan sia-sia. Jadi kita harapkan kesadaran masyarakat untuk bersama melawan Corona juga timbul dari dalam diri,” katanya.

Ketua DPRD Kota Baubau, H. Zahari menambahkan, penanganan Covid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintan, melainkan seluruh stekholder dan juga masyarakat.

“Terima kasih kepada Polres Baubau yang telah melakukan kegiatan ini. Semoga Covid-19 ini cepat berlalu sehingga seluruh kegiatan kita dapat berjalan lagi sebagaimana biasa,” katanya.

Baca Juga :  SKIPM Baubau Gagalkan 21 Kasus Penyelundupan Hasil Laut

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari menjelaskan, kegiatan ini merupakan instruksi langsung Kapolri. Ini juga merupakan bentuk kepedulian seluruh elemen yang juga didukung langsung pemerintah daerah.

Kata dia, penyemprotan dilakukan di 19 titik di sepanjang jalan protokol di Kota Baubau dengan menggunakan 250 liter disinfektan. Disinfektan ini disemprotkan menggunakan satu unit Armoured Water Cannon (WTC) milik Polres Baubau dan tiga unit pemadam kebakaran milik Pemkot Baubau.

“Moga yang kita laksanakan hari ini bisa bermanfaat dan mencegah penularan Covid-19 dan sebagai bentuk kepedulian kita dan pemerintah daerah untuk menyelamatkan masyarakat dan negara kita dari wabah,” katanya. (adm)

Penulis : Sukri Arianto

Facebook Comments