Sambut Ramadan, Posko Bersama Relawan Covid-19 di Baubau Salurkan Bantuan Tahap Pertama

Babinsa dan Bhabinkamtibmas membantu penyaluran bantuan para dermawan yang dikumpulkan melalui Posko bersama Relawan Kemanusian Dampak Covid-19 di Baubau, Kamis 23 April 2020. (FOTO ISTIMEWA)

BAUBAU, Rubriksultra.com – Posko Bersama Relawan Covid-19 Baubau yang melibatkan Polres Baubau, TNI Kodim 1413 Buton, Metro Entertaint, HMI, LMND dan organisasi wartawan di Baubau mulai menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, Kamis 23 April 2020.

Sebanyak 160 keluarga mendapat bantuan agar bisa menyambut kebahagiaan bulan suci Ramadan di tengah pandemi Covid-19.

- Advertisement -
Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, Damdim 1413 Buton, Letkol Infantri Arif Kurniawan, Ketua Posko Bersama Relawan Covid-19, Toni Lim Putra, Ketua HMI Cabang Baubau, La Ode Rizki Satria dan para relawan saat menyalurkan bantuan tahap pertama siang tadi, Kamis 23 April 2020. (FOTO ISTIMEWA)

160 keluarga ini tersebar merata di delapan kecamatan yang ada di Kota Baubau. Masing-masing kecamatan mendapat porsi 20 paket bantuan sembako berupa satu karung beras, masker dan satu ekor ayam.

Sebelum paket bantuan disalurkan, penerima bantuan terlebih dulu didata oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa masing-masing wilayah. Olehnya, penerima bantuan ini benar-benar adalah keluarga yang paling membutuhkan uluran tangan di awal menyambut Ramadan ini.

Kroscek data dipimpin langsung Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari bersama Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan,Ketua Posko Bersama Relawan Covid-19 Baubau, Toni Liem Putra serta anggota posko dari sejumlah Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP) dan organisai kewartawanan (PWI dan AJI).

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berdonasi. Kata dia, posko ini sebagai perwujudan gerakan kemanusiaan.

Selain menyalurkan bantuan sembako untuk kebutuhan menyambut hari pertama ramadan, tim relawan juga menyalurkan bantuan masker yang disumbangkan para dermawan di posko bersama yang terletak di pelataran Metro Entertaint. (FOTO ISTIMEWA)

“Sejak posko ini dibentuk, banyak elemen yang tergerak melakukan langkah kemanusiaan untuk mencegah dampak buruk dari Covid-19. Alhamdulillah, hari ini sudah dapat kita salurkan,” katanya.

AKBP Rio Tangkari sangat berharap bantuan ini dapat meringankan keluarga yang terkena dampak wabah. Apalagi, menyambut bulan suci ramadan.

Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan berharap niat tulus yang direncanakan bersama bisa berjalan dengan baik. Utamanya membantu sesama yang terdampak Covid-19.

“Semoga bantuan ini bermanfaat. Paling tidak bisa meringankan beban hidup saudara. Semoga wabah ini cepat berakhir,” katanya.

Baca Juga :  Benteng Wolio Buton Dijadikan Kawasan Khusus

Ketua Posko Bersama Relawan Covid-19 Baubau, Toni Liem Putra menambahkan, bantuan yang disalurkan posko relawan merupakan tahap pertama. Bantuan akan terus disalurkan kedepan untuk membantu masyarakat yang terdampak.

Kata Owner Metro Entertaint ini, bantuan tahap pertama ini sebanyak 160 keluarga. Pendataan penerima bantuan bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa masing-masing wilayah di Kota Baubau.

Toni menjelaskan, bantuan ini sengaja disalurkan kepada masyarakat dalam rangka menyambut awal ramadan. Apalagi di tengah pandemi, banyak masyarakat yang kurang beruntung tidak bisa memperoleh seekor ayam di hari pertama puasa.

Saat ini, kata dia, banyak elemen yang sudah berdonasi. Mulai dari instansi, organisasi hingga pribadi masyarakat.

“Semoga apa yang diberikan posko relawan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Baubau. Bagi yang ingin berdonasi kita masih terus membuka. Donasi bisa diantar langsung ke Metro Entertaint ataupun dijemput anggota posko di tempatnya masing-masing,” katanya. (adm)

Facebook Comments