Rapid Test Reaktif, 16 OTG di Buteng Jalani Swab PCR

Salah satu alat rapid test virus corona. (Foto Aladokter.com)

LABUNGKARI, Rubriksultra.com- 109 warga Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) menjalani Rapid Test (Uji cepat). Hasilnya, 16 diantaranya dinyatakan reaktif.

Selanjutnya, ke-16 warga ini akan menjalani Swab PCR untuk mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak. Swab PCR direncanakan pada Jum’at atau Sabtu pekan ini.

- Advertisement -

“Kita sudah berkoordinasi dengan gugus provinsi. Antara Jum’at atau Sabtu, ke-16 warga ini akan menjalani uji Swab,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Buteng, dr Karyadi melalui rilisnya, Rabu 6 Mei 2020.

Kata dr Karyadi, pemeriksaan hasil swab adalah rujukan seseorang bisa dikatakan terpapar Covid-19 atau tidak. Sedang hasil rapid test reaktif belum bisa dikategorikan seseorang positif Covid-19.

Dikatakan, sebenarnya ada 160 OTG di Buteng yang telah melakukan perjalanan dari luar daerah. Namun baru 109 orang yang menjalani Rapid Test.

“51 orang lainnya masih menunggu alat tes,” katanya.

Direktur RSUD Buteng ini merinci, ke-16 warga yang menunjukkan hasil reaktif diantaranya 14 warga Mawasangka Tengah dan dua lainnya warga Kecamatan Gu.

Sembari menunggu hasil Swab, ke-16 warga ini akan dilakukan pengawasan lebih ketat lagi. Koordinasi dengan Puskesmas setempat, camat dan jajarannya akan lebih diintensifkan.

Saat ini, Buteng masih masuk kategori hijau. Sebab ke-16 warga tersebut tak menunjukkan gejala sehingga belum dikategorikan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Kita berdoa, mudah-mudahan kita terbebas dari virus ini. Kita tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan dan saya minta kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19 ini,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Samahuddin Minta RPJMD Direvisi