Mulai Hari Ini, Sultra Sudah Bisa Lakukan Tes Swab Mandiri

KENDARI, Rubriksultra.com- Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai hari ini, Kamis 14 Mei 2020 sudah bisa melakukan tes swab mandiri. Tes dilakukan di RSUD Bahteramas Kendari.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, dr Hj Andi Hasnah mengatakan, RSUD Bahteramas sudah bisa melaksanakan pemeriksaan swab secara mandiri berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI.

- Advertisement -

“Adapun alat yang disiapkan di RSUD Bahteramas ada dua, yaitu alat Tes Cepat Molekuler (TCM) dan alat Polymerase Chain Reaction (PCR),” kata dr Hj Andi Hasnah melalui rilisnya, Rabu 13 Mei 2020.

Kata dia, alat ini setiap harinya bisa menguji 70 sampai 100 sampel.

“Mudah-mudahan pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Dirut RSUD Bahteramas, dr Hasmudin, Sp.B menjelaskan, RSUD Bahteramas menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Sultra. Tiap harinya merawat pasien Covid-19.

“Insya Allah pemeriksaan akan lebih cepat dengan operasionalnya kedua alat ini. Kita akan menerima hasil tanpa menunggu lagi dari Makassar,” katanya.

Pada prinsipnya, kata dia, RSUD Bahteramas siap menjalankan tugas ini. Begitu pun petugas sudah siap melakukan tes secara mandiri. (adm)

Facebook Comments
Baca Juga :  Ali Mazi Masuk Nominasi Gubernur Terbaik